Mohon tunggu...
Dian Ariyani Surya
Dian Ariyani Surya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Karena kamu menulis. Suara kamu tak akan pernah padam dibawa angin, suara kamu akan selalu abadi sampai akhir masa. Jadi, Menulislah.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Air Mata Duka, Cianjur

4 Desember 2022   22:30 Diperbarui: 4 Desember 2022   22:44 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : (merdeka.com/Arie Basuki)

Duka menyapa Cianjur pada hari Senin, 21 November 2022 tepat pukul 13.21 WIB Gempa menguncang Cianjur.  Berdasarkan dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau yang biasa disebut (BMKG) menyatakan bahwa kejadian gempa di Kabupaten Cianjur Jawa Barat itu berkekuatan 5,6 Magnitudo.

Pusat gempa berada di 6.84 Lintang Selatan dan 107.05 Bujur Timur. Sementara itu, pusat gempa berada di 10 kilometer Kabupaten Cianjur dan tidak ada potensi tsunami. Gempa yang menyapa Cianjur menyebabkan banyaknya korban jiwa yang berjatuhan dan banyaknya kerusakan.

Kepala BNPB yaitu Bapak Letjen TNI Suharyanto menyampaikan data korban meninggal mencapai 331 orang, korban luka-luka sekitar 2.046 orang lebih dan warga mengungsi 62.545 orang lebih. Total rumah rusak 56.311 lebih dengan memiliki rincian ada yang mausk kategori rusak berat 22.267 unit, rusak sedang 11.836 unit, dan rusak ringan 22.208 unit. Suharyanto mengatakan 6.000 personel gabungan dikerahkan agar fokus untuk melakukan pencarian korban hilang dan evakuasi warga yang terdampak gempa tersebut.

Duka yang menyapa Cianjur akibat gempa bumi itu menjadi duka nasional, dan menjadi perhatian publik, Cuitan gempa serta Pray for Cianjur menyerbak luas di media sosial Twitter. Banyak masyarakat yang mendo'akan dan mengumpulkan banyak bantua serta open donasi untuk korban gempa di Cianjur.

Tidak hanya pada hari Senin tanggal 21 November lalu gempa bumi susulan masih terus terjadi di Kabupaten Cianjur. Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa susulan telah terjadi sebanyak 379 kali sampai dengan hari, Sabtu 03 Desember 2022 pukul 12.00 WIB.

Sapaannya menjadi pengingat kepada-Nya. Membuat kita sadar bahwa kita hidup di dunia ini hanya sementara dan atas kehendaknyalah segala sesuatu yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun