Dian Andi Nur Aziz
Dian Andi Nur Aziz Strategic Studies on Public Policy and Peace

Memandang gedung tua sambil menyeruput kopi.

Selanjutnya

Tutup

Mikro

Dua Fitur Penting yang Bisa Anda Gunakan dari SPSS

11 Mei 2018   17:06 Diperbarui: 16 Mei 2018   16:12 501 0 0
Dua Fitur Penting yang Bisa Anda Gunakan dari SPSS
(sumber: udemy.com)

Apakah nilai rata-rata sebuah indikator yang nampak berbeda benar-benar berbeda menurut statistik?  Apakah ada pengaruh sebuah indikator dengan indikator lainnya?

Dalam kesempatan briefing dengan inputer data Survei Indeks Kemerdekaan Pers saya mendapat muncul beberapa kegelisahan. Salah satu pertanyaan dalam Survei Indeks Kemerdekaan Pers Dewan Pers adalah: Sejauh mana wartawan/media di daerah ini mentolerir pemberian uang dan atau fasilitas dari individu atau lembaga/perusahaan komersial dengan tujuan mempengaruhi isi media?

Nilai rata-rata-rata dari pertanyaan terkait praktik "wartawan amplop" tersebut pada tahun ini ada selisih  dengan tahun lalu. Namun, Anda tidak bisa serta merta mengatakan ada perbedaan. Agar valid maka harus dilakukan Uji Beda menggunakan SPSS.

Uji Beda

Uji beda (Uji Paired T ) berguna untuk mengetahui apakah ada perbedaan mean pada data yang berpasangan. Atau, untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil mean sebelum dan sesudah perlakuan.

Bila P value lebih dari 0,05 maka Anda bisa menyimpulkan sebut tidak ada perbedaan antara tahun ini dan tahun lalu. Bila P value kurang dari 0,05 maka jelas ada perbedaan antara tahun ini dengan tahun sebelumnya.

Dengan Uji Beda ini Anda bisa dengan yakin dan lantang mengatakan ada perbedaan mean antara tahun ini dengan tahun sebelumnya berdasarkan uji statistik.  

Uji Pengaruh

Fungsi dasar kedua dari SPSS adalah Uji Pengaruh. Uji ini salah satunya bisa menggunakan fungsi regresi sederhana.  Fitur ini dipakai untuk mengetehui apakah ada pengaruh variable bebas (dependent variable) terhadap variable terikat (independent  variable).

Indeks Kemerdekaan Pers bisa menggunakan Uji Pengaruh untuk mengetahui menguji apakah ada pengaruh pelatihan untuk wartawan dengan tingkat toleransi wartawan terhadap pemberian uang atau fasilitas lainnya ("praktik wartawan amplop).

Jika nilai sig. (signifikansi) kurang dari 0,05 maka artinya variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat. Jika nilai sig. lebih dari 0,05 maka varibel bebas tidak mempengaruhi variabel terikat.

SPSS mudah diterima karena model pengujiannya sederhana. Anda bisa mengoprek-oprek fitur-fitur dalam SPSS sesuai kebutuhan. Bila masih bingung coba Anda cari panduan penggunaan SPSS di internet atau cari buku panduannya. Baca pelan-pelan dan praktikkan sambil ngopi.