Bagaimana sih pembelajaran yang menyenangkan itu?
Dikutip dari Fadillah (2014) pembelajaran menyenangkan (Joyful learning) adalah rancangan pembelajaran dengan tujuan menciptakan suasana yang membebaskan siswa untuk berani mencoba, bertindak, bertanya dan mengemukakan pendapat sehingga perhatian siswa dapat dipusatkan secara penuh pada pembelajaran.
Guru yang kreatif, pasti akan membuat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan sehingga peserta didik menjadi lebih semangat dalam belajar. Akan tetapi, kebanyakan guru mengajar dengan cara yang monoton atau tidak bervariasi. Hal tersebutlah yang dapat membuat peserta didik enggan, jennuh dan sulit berkonsentrasi dalam kegiatan pembelajaran. Untuk itu peran guru sangat penting, guru harus memahami kondisi siswa dan memberikan arahan yang baik agar kegitan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.
Lalu bagaimana sih cara menciptakan suasana belajar yang menyenangkan itu? Mari kita simak pembahasan berikut ini!
- Buat suasana kelas yang berbeda
Suasana kelas yang berbeda akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, karena dengan begitu siswa dapat memiliki inspirasi-inspirasi baru sehingga terkesan menyenangkan dan tidak membosankan.
Peserta didik dapat menentukan bagaimana mereka akan mendekorasi kelas yang mereka pakai untuk belajar sesuai dengan keinginan mereka.
Contohnya : mengecat kembali dinding dengan warna yang cerah, menghias dinding dengan poster-poster atau hasil karya peserta didik, dan bisa juga belajar diluar ruangan kelas.
- Berinteraksi pada siswa dengan baik
Sebagai seorang guru pusatkanlah perhatian penuh kepada siswa. Siswa yang merasa diperhatikan oleh gurunya, mereka dapat membangun rasa percaya dirinya sehingga mereka berani mengutarakan pendapat bahkan bertukar ide. Dengan itu siswa bisa berinteraksi dengan orang lain tanpa rasa malu dan takut baik dengan guru ataupun teman, siswa juga dapat aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini juga dapat mempererat hubungan siswa dengan gurunya.
- Menggunakan metode belajar yang tepat dan bervariasi
Guru harus menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan tidak membosankan. Selain itu, melalui metode tersebut siswa lebih senang dan bersemangat mengikuti kegiatan belajar di kelas. Sehingga, materi yang disampaikan oleh guru dapat dipahami dengan mudah oleh siswa.
Contohnya : siswa melakukan eksperimen dengan memasukan batu kedalam baskom yang berisi air untuk mempelajari konsep tenggelam atau terapung.
- Menciptakan suasana rileks agar tetap fokus
Suasana yang dimaksud adalah kaku, dingin atau beku sehingga pembelajaran kurang nyaman. Guru harus menaikkan kembali perhatian siswa, hal ini perlu dilakukan karena kebanyakan siswa sulit untuk berkonsentrasi