Mohon tunggu...
Dian Ajeng
Dian Ajeng Mohon Tunggu... Dian

Kegiatan KKN Unisri

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

KKN Unisri lakukan kegiatan pendampingan dan praktek bisnis rumahan "keset"

14 Agustus 2020   13:16 Diperbarui: 14 Agustus 2020   15:23 39 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Unisri lakukan kegiatan pendampingan dan praktek bisnis rumahan "keset"
img-20200811-131155-5f364af8d541df68c1567804.jpg

KKN Unisri Lakukan Kegiatan Pendampingan dan Praktek Bisnis Rumahan "Keset" Di Mojosongo


Mojosongo, Pandemi Covid19 masih mengancam warga masyarakat . Diberbagai daerah penambahan kasus yang positif terkena covid masih tinggi.

KKN Unisri mengambil tema Bali Ndeso Cegah Covid19. Tetapi kegiatan tersebut diuraikan menjadi beberapa aspek , seperti aspek kesehatan , aspek pariwisata , aspek teknologi , aspek ekonomi, aspek pendidikan , aspek ketahanan pangan.

Nah kali ini salah satu peserta KKN Unisri mengambil aspek ekonomi yang melakukan kegiatan berupa pendampingan dan praktek bisnis rumahan "keset" Di kampung Sibela , Mojosongo , Solo.

Kegiatan dilakukan oleh peserta KKN Unisri dari Fakultas Ekonomi yang tergabung dalam grup 30 ,  Dian Ajeng Indrastuti dengan Dosen pembimbimbing Lapangan (DPL) Merkuria Karyantina, S.P, MP,  Selasa (11/08/2020)

Kegiatan berupa Pendampingan dan Praktek bisnis rumahan "keset" Untuk mendukung perekonomian keluarga, khususnya para ibu rumah tangga agar memiliki bisnis rumahan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada disekitar dengan diberi sentuhan inovasi.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat sekitar tentang produk keset yang sudah dibuat oleh beliau bernama Mbah Koco, yang sudah dirintis sejak tahun 2019. Mbah Koco membuat keset ini sesuai dengan pesanan pelanggan , tidak setiap hari beliau membuat, Ungkap (Dian Ajeng)

Mbah koco sudah berumur tua tetapi memiliki semangat yang hebat. Beliau hanya memanfaatkan karung beras dan kain perca untuk bisa dijadikan keset. Dan beliau berkata bahwa penghasilan dari pembuatan keset tidak bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari hari nya. Padahal pembuatan keset yang dilakukannya sangat rumit.

Lebih lanjut,  Dian Ajeng Indrastuti berkata bahwa ia juga didampingi dan diajarkan oleh mbah koco dalam membuat keset. "Memang benar ini sangat rumit," ungkapnya

Dengan adanya kegiatan ini saya berkata kepada beliau bahwa saya akan membantu dalam memasarkan keset secara online agar beliau memiliki penghasilan yang lebih dan cukup untuk kebutuhan sehari hari nya, Ungkap(Dian Ajeng)

VIDEO PILIHAN