Mohon tunggu...
Dian Purnama
Dian Purnama Mohon Tunggu... Freelancer - klaverstory.com

-Job fils your pocket, adventure fils your soul-

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

KAWS Holiday Indonesia di Candi Prambanan, Tinggal Sehari Lagi

30 Agustus 2023   20:46 Diperbarui: 30 Agustus 2023   20:55 757
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
KAWS: Holiday Indonesia (DokPri)

Apakah kalian sudah bertemu dengan KAWS? Postingan tentang KAWS pasti bersliweran di media sosial seminggu terakhir ini. Kemunculan pertamanya saya temukan di akun Instagram @axtonsalim tanggal 18 Agustus lalu. Langsung kepikiran foto tersebut hasil editan AI hehehe. Bagaimana bisa  boneka pink segede gaban tergeletak begitu saja di Candi Prambanan

Eh enggak dong. Itu 100% aselik. KAWS: Holiday emang lagi mampir ke Indonesia, tepatnya di Candi Prambanan dari tanggal 19-31 Agustus 2023. Besok adalah hari terakhir. Buat yang mau foto-foto sama KAWS, buruan ditunggu sampai Kamis besok. 

Sekilas Tentang KAWS: Holiday

KAWS yang bernama asli Brian Donnelly adalah seorang seniman pop art dan desainer dari Amerika Serikat. Perjalanan karirnya dimulai sekitar tahun 1990-an sebagai seniman jalanan. Kekhasan karya KAWS yang memilih memodifikasi figur yang sudah ada ternyata banyak disukai. Ciri khas lainnya adalah terdapat huruf 'X' di setiap karyanya. 

Popularitasnya semakin melambung, apalagi setelah berkolaborasi dengan brand ternama seperti Supreme, Dior, Nike Air Jordan dan Uniqlo. KAWS juga terlibat dalam proyek debut solo album J-Hope BTS (Kpop boyband) untuk desain cover album Jack in The Box yang rilis 15 Juni 2022.

KAWS dan Candi Prambanan (DokPri)
KAWS dan Candi Prambanan (DokPri)

KAWS melakukan tour dunia sejak tahun 2018. Indonesia adalah lokasi ke 10 dari 10 negara. Sebelum sampai ke Candi Prambanan KAWS Holiday hadir di tempat-tempat berikut: Danau Seokchon, Korea Selatan (2018), Chiang Kai-shek Memorial Hall, Taiwan (2019), Victoria Harbour, Hongkong (2019), Gunung Fuji Jepang (2019), The Float Marina Bay, Singapura (November 2022), Gunung Changbai, Cina (7-16 Januari 2023), NGV Melbourne, Australia.

Di proyek ke 10-nya di Indonesia KAWS bekerja sama dengan All Rights Reserved (ARR) dan AKG Entertainment. Patung yang ada di Prambanan bernama 'ACCOMPLICE' berwarna pink dengan khas 'X' pada kedua tangan. Panjangnya 45 meter dan tinggi 15 meter. Patung ini menjadi karya seni kontemporer yang pertama kali disandingkan dengan bangunan warisan dunia UNESCO.

Antusias Nonton KAWS: Holiday Indonesia di Candi Prambanan

Saya nonton KAWS di hari ke enam setelah pembukaan. Itu pun tanpa rencana. Niat awal mengontak teman lama untuk ketemuan eh malah berujung nonton KAWS di Candi Prambanan.  Ini sih namanya nonton KAWS berkedok reuni.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun