Mohon tunggu...
Dian Purnama
Dian Purnama Mohon Tunggu... Fulltime Traveler

"jobs fill your pocket, adventures fill your soul"

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Tips Foto bak Fotografer Profesional dengan Handphone

17 Maret 2020   08:40 Diperbarui: 17 Maret 2020   16:39 71 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Foto bak Fotografer Profesional dengan Handphone
Keceriaan member Kjog, after workshop--dokpri

Dunia fotografi seolah-olah menjadi ruang terbuka bagi siapa saja berkat adanya handphone. Siapa saja bisa menjadi "fotografer" bahkan hanya menggunakan kamera di handphone bisa menghasilkan foto layaknya kamera professional. Berlebihankah? Ehm rasanya tidak. Bertempat di Sleman City Hall, Minggu 8 Maret 2020 yang lalu, saya bersama teman-teman KJog bertemu dan sinau bareng bersama Theresia Rani, seorang fotografer professional. Sharing ilmu di event KJog kali ini adalah Bikin Foto Kece Pake Handphone. Sebentar sebentar... Handphone? Ini pasti handphonenya canggih kan? Yakali harga handphonenya fantastis, masak hasil fotonya cuma B-aja.

Kak Rani, mentor workshop event KJog--dokpri
Kak Rani, mentor workshop event KJog--dokpri

Tenang gaes, jangan ngegas dulu. Ini ngomongin soal tips memotret ya bukan unboxing handphone, jadi semua tips yang Kak Rani bagikan nggak ada hubungannya sama sekali dengan merk dan seri handphone kita.  Saya menggunakan handphone merk LG seri K10 2017, dan selama memotret dengan kamera ini saya sudah merasa cukup. Nah di kelas ini, kakak mentor memberikan beberapa tips supaya kita bisa mengoptimalkan kamera dan melatih skill memotret kita dengan handphone yang kita punya. Ini dia tips-tipsnya:

Memahami Fitur-fitur Kamera

  1. Setting Kamera

Mula-mula kita harus pergi ke menu setting kamera untuk mengatur ukuran foto, pilih 4:3,ini adalah ukuran standard Atau bila ingin digunakan untuk posting di Instagram pilihannya adalah 1:1 (kotak)  

  1. Tombol volume sebagai Shutter Kamera

Apakah kamu tahu jika shutter kamera di handphone bisa digantikan oleh tombol volume? Saat kita memilih menu foto dan mengarahkan kamera pada objek foto, hampir sebagian besar dari kita pasti akan menyentuh gambar kamera di layar untuk memotret. Saya pun juga seperti itu, karena sudah terbiasa jadi seperti refleks. Untung ada Kak Rani, jadi saya mulai membiasakan diri menggunakan  tombol volume sebagai shutter kamera. Dan voilà, ternyata lebih mudah, simple dan praktis. Terlebih jika kita sedang ada di posisi bergerak atau memotret objek foto yang bergerak. Hasil foto juga tidak mudah ngeblur karena tangan yang bergetar

  1. Lock autofocus

Saat memotret biasanya ada kotak yang muncul sebagai tanda agar objek yang kita ambil bisa fokus. Ternyata agar fokus tersebut tidak berubah, fokus tersebut harus dikunci. Caranya adalah dengan menekan layar pada tanda fokus lebih lama sampai muncul tulisan AF/AF lock. Tulisan yang muncul bisa jadi berbeda untuk handphone yang lain. jika tanda itu sudah muncul, maka jika kita menggerakan layar hp kita, fokus kamera tidak mengalami perubahan.

  1. HDR

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x