Mohon tunggu...
Dian Rahmawati Sugianto
Dian Rahmawati Sugianto Mohon Tunggu... Diann

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

"Saat Positif Berubah Negatif (Covid-19)"

27 September 2020   14:38 Diperbarui: 27 September 2020   14:43 7 4 0 Mohon Tunggu...

Indonesia merupakan negara yang memiliki kasus covid-19 cukup tinggi,COVID-19 (coronavirus disease 2019) adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis corona virus baru yaitu Sars-CoV-2, yang dilaporkan pertama kali di Wuhan Tiongkok pada tanggal 31 Desember 2019. COVID-19 ini dapat menimbulkan gejala gangguan pernafasan akut seperti demam diatas 38C, batuk dan sesak nafas bagi manusia. Selain itu dapat disertai dengan lemas, nyeri otot, dan diare. Pada penderita COVID-19 yang berat, dapat menimbulkan pneumonia, sindroma pernafasan akut, gagal ginjal bahkan sampai kematian. Kasus covid-19 pertama di Indonesia terjadi di Depok, Jawa Barat, tepatnya pada 2 Maret 2020, kasus ini pertama kali ditemukan pada dua warga Depok diketahui bahwa kedua warga tersebut bertemu warga negara asing yang berasal dari jepang di sebuah klub dansa pada 14 Februari 2020.

Hingga saat ini penyeberan virus covid-19 di Indonesia semakin cepat dan luas. Jumlah masyarakat yang terkena covid-19 selalu bertambah dan jumlah kematian semakin meningkat.Covid-19 ini dapat ditularkan melalui orang yang terkena virus tersebut, ketika mereka batuk, bersin, atau berbicara. Kita dapat terinfeksi virus melalui udara apabila kita berada 1 meter dari orang terkena virus covid-19 atau dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi covid-19 dan kemudian menyetuh mata kita, hidung, mulut sebelum mencuci tangan. Lalu bagaimana cara kita untuk mencegah covid-19?. Kita harus cuci tangan secara rutin, gunakan sabun atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol (Hand Sanitizer), selalu jaga jarak dengan orang lain apabila kita berada di luar rumah, saat batuk atau bersin tutup mulut dan hidung dengan lengan, tisu maupun sapu tangan, jangan keluar rumah apabila kita sakit atau merasa tidak enak badan, jika demam, batuk dan kesulitan bernapas segera pergi kerumah sakit dan mencari bantuan medis, dan tidak lupa selalu memakai masker jika berpergian keluar rumah.

Dengan adanya covid-19 ini tentu aktivitas sehari-hari kita menjadi terhambat. Hal ini dapat kita lihat dari seluruh sekolah diliburkan, kuliah dan sekolah dilakukan secara daring atau online, larangan melakukan perjalan baik keluar kota maupun keluar negeri, larangan untuk berkumpul di keramaian. Hal ini juga berpengaruh pada ekonomi masyarkat Indonesia dengan adanya covid-19 ini banyak para pekerja dirumahkan maupun di PHK, hal ini meningkatkan banyaknya pengangguran, alasan para pekerja di PHK karena dampak yang dirasakan perusahaan seperti gerak bisnis menjadi lebih lambat hingga penurunan pendapatan.

Selama covid-19 ini berlangsung tentunya kita selalu di himbau untuk selalu dirumah agar mengurangi jumlah covid-19, Lalu bagaimana agar kita tidak jenuh dan betah dirumah saja selama covid-19 ini berlangsung, berikut adalah hal yang dapat kita lakukan agar tidak jenuh, hal pertama yang dapat kita lakukan adalah melakukan hobi kita misalnya jika kita suka menonton film mungkin kita dapat maraton film, membaca buku juga dapat kita lakukan membaca buku dapat membuat wawasan kita lebih luas, lalu juga kita bisa menulis mungkin kita dapat menulis tentang kehidupan kita maupun menulis sesuai imajinasi kita, tak hanya itu mungkin kita juga dapat belajar memasak dan mencoba resep makanan yang baru, kita juga dapat berekebun menanam bunga di rumah, menanam bunga dapat membuat rumah lebih menjadi indah serta dapat memperlancar sirkulasi udara di sekitar rumah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x