Mohon tunggu...
Yoiso dan Yoisi
Yoiso dan Yoisi Mohon Tunggu... Web Konsultan, Desain Grafis, e-commerce

www.yoisoweb.com

Selanjutnya

Tutup

Digital

Cara Meningkatkan Interaksi Followers di Akun Instagram

17 Mei 2019   10:24 Diperbarui: 17 Mei 2019   10:44 0 0 0 Mohon Tunggu...
Cara Meningkatkan Interaksi Followers di Akun Instagram
sumber gambar: Udemy 

Pemilik sebuah akun Instagram tentu mengerti di aplikasi berbasis visual tersebut ada namanya folow. Follow berasal dari bahasa Inggris yang berarti ikut. Dalam dunia Instagram ada dua istilah, following dan followers. Following berarti akun-akun yang diikuti oleh sang pemilik. Sedangkan followers adalah pengikut akun Instagram yang kamu kelola.

Bagi sebagian orang, jumlah followers adalah segalanya. Semakin banyak jumlah followers sebuah akun, maka semakin terkenal pemilik akun tersebut. Karena hal itu lah beberapa pemilik akun berusaha mendapatkan pengikut yang banyak. Hingga menggunakan cara instan seperti membeli followers. Padahal beberapa akun yang dibeli biasanya akun tidak aktif alias fiktif. Hal ini menyebabkan sedikitnya interaksi di setiap postingan. Lalu bagaimana dengan akun aktif tapi tak memberikan tanggapan saat melihat postingan. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan interaksi followesrs di Instagram.

Sasaran

Sebelum mengunggah sebuah postingan, sebaiknya pemilik akun mengetahui jenis pengikutnya. Tentu berbeda akun yang berjualan jersey bola dan akun produk kosmetik. Perkirakan pula usia mereka sekitar berapa. Dengan mengetahui jenis pengikut, pemilik akun akan bisa membuat postingan yang menarik dan nyambung. Postingan seperti ini akan menarik minat followers untuk berkomentar, mengirim pesan atau sekedar memberikan likes.

Caption

Jangan selalu membubuhkan caption panjang pada setiap postingan. Sebab pengikut Instagra akan malas membaca jika caption yang dituliskan terlalu panjang bak berita dalam koran. Namun, bukan berarti caption yang ditulis sangat pendek hingga terkesan tak jelas. Jumlah kata yang ditulis pada caption tergantung dengan foto yang diunggah. Biasanya orang-orang profesional yang bekerja di agency seperti Desain Promosi dan yoisoweb, sudah mengerti, mana jenis postingan yang memerlukan caption panjang dan mana yang pendek. Caption yang ditulis juga harus menerangkan atau memberikan informasi tentang gambar atau foto yang diunggah.

Buat Jadwal Postingan

Jangan terlalu sering mengunggah sebuah foto dalam akun, semisal hingga lebih dari 10 kali dalam sehari. Hal ini akan membuat dinding Instagram pengikutmu akan dipenuhi dengan postinganmu. Postingan-postingan tersebut akan menenggelamkan postingan lain yang ingin dilihat sang pengikut. Karena merasa terganggu folower tersebut bisa melakukan unfollow pada akunmu. Tentu kehilangan folowers apa lagi dalam jumlah yang banyak bukanlah keinginan setiap pemilik akun.

Berusaha meningkatkan interaksi followers memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi hal tersebut juga tak sesulit menghitung jumlah rambut pada kepala manusia. Kuncinya harus sabar dan sering melakukan eksperimen. Karena satu akun dengan akun lainnya tak selalu sama. Butuh strategi jitu untuk meluluhkan hati para pengikut akun Instagram secara luas. Jangan pernah menyerah hanya karena pernah mengalami kegagalan.