Mohon tunggu...
Diah Woro Susanti
Diah Woro Susanti Mohon Tunggu... Full Time Blogger - blogger

Blogger, Writer, Crafter FB : Diah Woro Susanti Twitter/Ig : @mba_diahworo Email : Diahworosusanti@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

5 Tips Konsumsi Makanan Sehat Pilihan Tepercaya

16 Juli 2021   15:50 Diperbarui: 22 Juli 2021   16:42 125 6 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Tips Konsumsi Makanan Sehat Pilihan Tepercaya
Buah pisang pilihan tepercaya. Kandungan vitamin C nya sangat baik untuk jaga imun tubuh selama masa pandemi.  Dokpri

Selama pandemi saya punya satu ruangan favorit di rumah yaitu dapur. Meskipun di rumah aja, lumayan deh dapur bisa difungsikan buat bikin-bikin cemilan sekeluarga. Kadang ada yang order katering ala-ala, jadi sekalian masak aja sekalian, deh. Bagaimanapun, kegiatan di dapur bisa memanajemen rasa cemas yang relate dengan memilih makanan sehat dan mengoptimalkan nutrisi untuk nambah imun tubuh. 

Kuncinya enjoy aja. Sekarang bukan waktu yang tepat untuk keras sama diri sendiri. Sekarang ini waktunya ngasih makanan sehat ke otak, badan dan jiwa dengan yang baik-baik aja.  Nah, meskipun demikian tapi tetap jangan kendor sehingga makan apapun tanpa di rem. Yang ada nanti malah kena darah tinggi atau obesitas lagi hehee... 

Berikut 5 tips konsumsi makanan sehat pilihan tepercaya ala saya : 

1. Belanja mingguan untuk stok kulkas. Alhamdulillah nomor hape mas Wiwid tukang sayur, Teh Rika tukang ayam, Pakde Tempe, Kang Dayat tukang roti saya pegang. Dalam beberapa jam belanjaan sayapun tiba. Nah karena belanjanya ga setiap hari, jadi saya mengatur menu sedemikian rupa, untuk sayuran yang mudah busuk saya olah duluan dibandingkan yang keras-keras.  Dan masak secukupnya jadi ga perlu menghangatkan terus. 

2. Jangan pernah lupa membiasakan jam-jam makan. Ga mesti disipilin kaya jadi pasien di Rumah Sakit sih tapi makan teratur di jam-jam yang sama setiap hari bikin usus kita ga melar dan jauh-jauh dari penyakit 

3. Meskipun belum bisa optimal tapi prinsip Eat Mindfully benar-benar terasa deh biar ga gragas dan kekenyangan. Gimana caranya? Inget kan prinsip kunyah makanan selama 32 kali? Nah kira-kira seperti itulah. Makan pelan-pelan aja untuk nikmati setiap rasa yang kita kunyah dan telan. 

4. Bangun kebiasaan baik setiap hari. Jangan begadang, hindari kopi, rokok, alohol dan memilih beraktivitas yang fun. Kalau saya memilih zumba dari channel youtube dan berjemur di pagi hari untuk mendapat vitamin D. Nah peran sebagai ibu mendapat tantangan banget ketika harus hindari makanan junkfood berkadar garam dan gula tinggi di meja makan. Kuat-kuatin hati deh biarpun dirayu anak-anak hehehe... 

5. Cukupi kebutuhan air dan vitamin C dalam sehari dengan mengkonsumsi buah setiap hari. Buah yang saya pilih ya buah lokal aja sih yang setiap hari gampang ditemukan dan harganya terjangkau misalnya pisang. Nah kenapa pisang? ya simpel aja sih, karena buah pisang bisa dimakan langsung atau dijadikan olahan untuk snack time sekeluarga. Kulit pisangnya pun masih bisa saya pake buat maskeran juga lho heheheh... 

Pilihan saya ga salah. Rupanya pisang punya segudang manfaat yang baik untuk kesehatan yaitu : 

- menjaga kesehatan jantung, mata dan tulang. Pas banget nih untuk saya yang berkacamata dan sering di depan laptop dan sudah memasuki usia jelita yang sudah harus memperhatikan massa tulang biar ga gampang encok hahaha... 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x