Mohon tunggu...
Diah Trisna Yuliana
Diah Trisna Yuliana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Jember

Hobi saya random banget sesuai mood :))

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Lestari Pilihan

Jalan Sarangan Ruwet

7 September 2022   07:45 Diperbarui: 7 September 2022   07:53 378 10 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Magetan merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki kekayaan wisata alam yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestic maupun internasional di banding daerah-daerah lainnya. Letaknya pun sangatlah straegis yaitu di kaki lereng Gunung Lawu. 

Udara yang sejuk dan pinggir jalannya dipenuhi oleh banyak tumbuh-tumbuhan seperti pepohonan yang membuat daerah Magetan menjadi asri dan indah untuk di pandang mata. Bahkan dinginnya suhu yang ada di daerah Magetan tidak membuat para wisatawan bosan untuk mengunjunginya. 

Terpantau jika weekend banyak wisatawan yang berasal dari luar daerah bahkan luar negeri banyak sekali yang berkunjung di Magetan, khususnya ke tempat wisatanya yang sangat terkenal ini yaitu Telaga Sarangan

Telaga Sarangan merupakan salah satu pusat dan juga ikon daerah pariwisata yang ada di Magetan, Telaga Sarangan masih terjaga dan itu menjadi alasan mengapa banyak wisatawan domestic maupun internasional yang sering berkunjung di Telaga Sarangan ini. 

Telaga Sarangan juga sering dikenal oleh masyarakat luas yaitu dengan nama Telaga Pasir. Menurut sang juru kunci Telaga Sarangan, Telaga Saragan dulunya berasal dari sepasang suami isteri yang bernama Kyai dan Nyai Pasir, sehingga dinamakan Telaga Pasir. 

Telaga Sarangan sendiri memiliki luas 30 ha dan berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Dengan suhu udara antara 15 sampai 20 derajat celcius. Di Telaga Sarangan tersedia banyak sarana dan prasarana seperti hotel berbintang hingga restaurant yang sangat mewah. 

Banyaknya warung-warung di pinggiran telaga membuat para wisatawan ingin mencoba makanan dari setiap warung satu ke warung lainnya. Selain itu juga ada spead boat dan becak air yang akan membawa para wisatawan untuk mengelilingi Telaga Sarangan. 

Dan juga tidak kalah menarik juga terdapat kuda yang akan mengantar anda untuk jalan-jalan mengitari sekitar Telaga Sarangan. Di samping itu di daerah Telaga Sarangan ada sebuah desa yang hanya atau khusus menjual pernak pernik seperti anyaman bambu, kerajinan kulit khas Magetan ,kerajinan sepatu ,dan souvenir lainnya. 

Juga ada produk-produk makanan khas dari Magetan, seperti emping melinjo, kerupuk puli atau sering disebut kerupuk dari nasi. Hidangan khas yang ada di daerah Telaga Sarangan yaitu sate kelinci. Biasanya sate kelinci ini dijual di berbagai warung yang terletak di pinggiran sekitar Telaga.

 Dengan letaknya yang sangat strategis yaitu berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah khususnya Kabupaten Karanganyar membuat Telaga Sarangan disetiap tahunnya memiliki pengunjung hingga sampai ribuan pengunjung disetiap tahunnya. 

Sehingga membuat pemerintah daerah Kabupaten Magetan mmebuat atau menyediakan jalan alternative atau jalan tembus untuk menuju Telaga Sarangan. Bahkan pemerintah Kabupaten Magetan menyediakan jalan tembus juga untuk menuju ke obyek wisata lainnya seperti Tawangmangu, Bukit Mongkrang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Lestari Selengkapnya
Lihat Indonesia Lestari Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan