Mohon tunggu...
Diah Puji
Diah Puji Mohon Tunggu... Mahasiswa - tugas jurnalistik

berawal dari tugas semoga menjadi penulis yang handal

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Guru Less di Masa Pandemi

13 Juni 2021   10:33 Diperbarui: 13 Juni 2021   10:38 32 1 0 Mohon Tunggu...

Pandemic sampai saat ini memang belum berakhir justru sekarang ini untuk kasus masyarakat yang terpapar meningkat Kembali. Hal tersebut membuat kita masih harus mentaati protocol Kesehatan. Dengan melihat kasus penularan penyakit covid -19 ini masih meningkat yang terpaksa membuat anak sekolah masih harus belajar di rumah.

Kegiatan tersebut tidak banyak membuat para orang tua kebingungan dalam mengajarkan anak di rumah terlebih yang memang orang tuanya memiliki keterbatasan mengajar anak di rumah , dan keterbatasan guru yang mengajar secara daring pun membuat para orang tua yang mencari guru less untuk membantu anak -- anak mengerjakan tugas sekolahnya .

" permintaan guru les di masa pandemic meningkat terlebih untuk sistem online karenakan memang kita tetap harus mengikuti protocol Kesehatan " ujar yeni.

Namun ternyata mengajar less pun tidak semudah yang di bayangkan yang hanya sebatas mengajarkan anak -- anak tugasnya , kendala yang di temui pun sama seperti guru di sekolahan .

" anak sekarang ngeyel kalau di bilangin terlebih tingkat kemalasannya meningkat di masa pandemic

Dan salah satu factor masalah tersebut adalah game online , dan media sosial yang membuat mereka malas belajar " ujar yeni .

Kegiatan belajar di rumah memang tidak banyak orang tua yang mengeluhkannya karena membuat anak -- anak semakin malas untuk belajar , di tambah dengan kegiatan belajar yang menggunakan smartphone ini justru mendukung anak -- anak dapat menggunakan smartphone untuk bermain game online ,  menonton video tiktok , atau bermain sosial media dengan bebas.

Pengawasan orang tua terhadap penggunaan smartphone pun perlu di lakukan agar anak -- anak tetap memiliki jam belajar dan bermain seperti halnya di sekolahan.

Di masa seperti ini peran orang tua sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar di rumah , jadi bukan hanya mengandalkan guru di sekolah ataupun guru less saja , namun Kerjasama antara orang tua , guru , dan anak di rumah sangat di perlukan agar anak -- anak tetap mendapatkan pemahaman materi sekolah seperti layaknya di sekolahan . karena masa pandemic ini hampir melemahkan sistem belajar  anak -- anak baik dari tingkat SD, SMP , SMK hingga perkuliahan dengan system daring karena di anggap kurang efektif .

Semoga pandemic ini cepat berakhir dan kita dapat melakukan segala kegiatan dengan normal Kembali Aamiin

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN