Mohon tunggu...
Diah Octivita Dwi Purwanti
Diah Octivita Dwi Purwanti Mohon Tunggu... Penulis - Copywriter

Diah Octivita Dwi Purwanti, S.Kom., Ibu Rumah Tangga 3 Anak, Leader dan Stokis Indscript, Pebisnis Nu Skin, Penulis Puluhan Buku Antologi, dan Owner dari OCTIVITA CONSULTING AND COPYWRITING (OCC) yang juga memasarkan aneka produk, selain menerima konsultasi, jasa penulisan copywriting/artikel, serta pembuatan konten. Beliau senang menerima konsultasi seputar bisnis, menulis, dan pengembangan diri. Kontak beliau di WA 0858-1059-7796 (sekaligus no. Telegram) atau WA 0813-1862-7106. Bisa juga terhubung dengan beliau di FB Diah Octivita Dwi P atau IG @diahoctivita .

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Penting Banget Nih! Mengenalkan Bahasa Inggris Sejak Dini kepada Anak

10 Juli 2022   15:31 Diperbarui: 10 Juli 2022   15:37 1856 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Ketika saya bertanya kepada para orang tua, seberapa penting mengenalkan bahasa Inggris sejak dini kepada anak, beragam jawaban saya dapatkan. 

Sebagian menganggap tidak terlalu penting, namun saya merasa sangat senang ketika lebih banyak yang dengan mantap menjawab sangat penting!

Alasan mereka pun mengharukan, karena pada masa milenial ini, bahasa Inggris tidak lagi sekedar untuk berkomunikasi. Namun sangat penting memahami berbagai ilmu pengetahuan dengan berbekal bahasa Inggris. 

Bahasa Inggris juga adalah bahasa yang memperluas pergaulan. Sangat penting untuk bisa lebih memahami orang lain dengan bahasa ini. Bahkan beberapa kesepakatan penting bisa DEAL dengan bekal sekedar bisa berbahasa Inggris saja.

Lalu kenapa harus di usia dini?

Memang tidak bisakah belajar bahasa Inggris nanti-nanti saja saat sudah dirasa diperlukan?

Supaya lebih jelas gambarannya, dan bisa lebih memahami mengapa penting bahkan sangat penting mengenalkan bahasa Inggris kepada anak sejak dini, saya rangkumkan dalam beberapa poin berikut.

Orangtua yang bijaksana paham betul bagaimana pentingnya memandang sesuatu dari sudut pandang anak. Pandanglah betapa banyak manfaat yang bisa dirasakan anak dengan belajar bahasa Inggris. Secara mental, ia akan lebih percaya diri. Secara skill, skill anak bertambah. 

Percaya diri dan skill yang bertambah akan membuat anak mampu menyesuaikan diri dengan berbagai lingkungan dan kondisi dengan lebih baik. Alangkah akan egoisnya kalau kita hanya memandang dari sudut pandang orang tua yang menilai bahasa Inggris kurang memberi manfaat bagi orang tuanya. Bukankah orang tua akan bahagia apabila anaknya tumbuh dengan lebih bahagia?

Pada usia dini adalah masa GOLDEN AGE bagi anak. Pada usia golden age, otak dan jiwa anak dapat menyerap segala sesuatu yang ia pelajari dengan lebih baik, seperti spons, daripada ketika dipelajari di usia-usia yang lebih tua. 

Tentu saja peran orang tua sangat penting untuk mendukung proses pembelajaran anak, termasuk ketika belajar bahasa Inggris. Dengan stimulus yang tepat dari orang tua, tumbuh kembang anak akan lebih OPTIMAL. Dan ini dapat terjadi dengan proses pembelajaran sejak usia dini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan