Materi Selaras 4," Strategi Memunculkan Perubahan Nyata Melalui New Routine selama Learning From Home (LFH).
Sekolah alam Depok hari ini mengadakan kelas pembelajaran untuk orang tua , guru dan para penggerak pendidikan untuk melakukan perubahan sekecil apapun untuk negara Indonesia umumnya dan khususnya untuk mendidik  generasi emas Indonesia untuk menjadikan sdm kita unggul dan menjadikan Indonesia lebih baik lagi. Acara ini dipromotori  oleh Jaringan Sekolah Alam Indonesia (JSAI).
Penyaji Materi ini adalah Ibu Lola, awal dulu penulis mengenal nya ketika ingin mengenal pola pendidikan di sekolah alam yang menumbuhkan interaksi Dengan alam dan Alloh swt sebagai penciptanya. Saya mengenal di sekolah alam Parung Jawa Barat.
Materi kali ini  adalah materi pembelajaran yang terintegrasi dengan dunia nyata dengan dipandu oleh Ibu Wulan selaku moderator  dan Mc. Bunda Husna  salah satu orang tua Murid Sekolah alam Depok. Para partisipan yang hadir adalah seluruh orang tua murid dan para Guru seluruh sekolah alam yang tergabung di seluruh Indonesia.
Menurut penulis materi ini sangat menarik yaitu peserta diajak untuk menyajikan pembelajaran yang menarik selama para siswa belajar di rumah, contoh materi yang diangkat adalah tentang Nyamuk, karena selain virus corona , wabah yang menakutkan kita adalah nyamuk. Cara penyajian pembelajaran disusun  dengan model spider web, identifikasi hal2 yang akan kita kaji tentunya dengan menggunakan taksonomi  bloom, kupas materinya dari Spiritual Quetiont, Intelegence  Quetiont, Emotional Questiont, semua dipadukan dengan tetap memperhatikan usia, gaya belajar anak.
Ketika kita akan melakukan kegiatan ini bersama anak, ada beberapa hal yang perlu dilakukan :
1. Komunikasikan setiap hal yang akan dilakukan antara orang tua, guru dan siswa, karena kegiatan ini diharapkan tetap mengacu  pada tema pembelajaran yang ada di sekolah tetapi tetap dibangun link agar terintegrasi dengan kegiatan di rumah, karena program LFH masih cukup lama;
2. Tumbuhkan dan hidupkan semangat belajar anak serta rasa keingin tahuannya  akan sesuatu.
3. Guru, orang tua dan siswa perlu ditumbuhkan membacanya bisa dengan menggunakan media manual maupun media digital.
4. Setiap kegiatan pembelajaran harus dirancang sesuai dengan kebutuhan anak dan gaya belajar anak apalagi untuk anak-anak special needs.