Mohon tunggu...
Diah Asih Sukesi
Diah Asih Sukesi Mohon Tunggu... Lainnya - Hobby Menulis, Travelling, Masak jika mau

Pegawai Menikah dan memiliki 3 orang anak

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Literasiku, Literasimu, dan Literasi Kita

18 Juli 2021   17:00 Diperbarui: 25 Juli 2021   13:23 116 4 0 Mohon Tunggu...

Literasiku, Literasimu dan Literasi Kita

Dokpri
Dokpri
Saskia bertanya kepada sang Bunda, " Apa arti literasi?  Literasi adalah kemampuan seorang anak untuk memahami membaca dan menulis, begitu jawab Bunda.

Kenapa kamu bertanya seperti itu Sakia, karena kata Ibu Guru, kita sekarang harus belajar Literasi dan Numerasi untuk persiapan Assesment Kompetensi Minimum, tapi kali ini penulis ingin membahas di bidang literasinya dahulu, point ini saja akan memakan halaman kertas ketika kita akan membahasnya.

Apa arti Literasi ?

Penulis akan mencoba mendefinisikan arti literasi dari wikipedia yaitu  Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa.

Definisi Literasi menurut National Institute for  Literacy menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan literasi adalah kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga, dan masyarakat.

Nah , dari definisi ini jelas bahwa arti literasi itu termasuk dalam numerik jadi tak perlu dipisah, ini penulis melihat dari kacamata orang awam.

Ketika penulis pernah duduk menjadi satgas literasi telah dibedakan jenis-jenis literasi antara lain :

  1. Literasi Baca Tulis identik dengan literasi dasar

  1. Literasi Numerik identik dengan literasi dasar yaitu kemampuan individu untuk memahami bahasa matematika dan dari bahasa itu bisa dihasilkan penemuan-penemuan yang tak terduga, contohnya para perancang aplikasi.

       Literasi baca dan tulis adalah pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.

  1. Literasi Finansial . Secara keseluruhan, literasi finansial (keuangan) adalah suatu individu atau seseorang yang memiliki kemampuan dalam mengelola, menginvestasi dan mengatur keuangan secara bijak dan sesuai kebutuhan demi keberlangsungan dan kesejahteraan hidupnya

  2. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    5. 5
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
    VIDEO PILIHAN