Mohon tunggu...
Dhonny Weka
Dhonny Weka Mohon Tunggu... Mahasiswa - pelajar, mahasiswa

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Pentingnya Penerapan Ergonomi dalam Perancangan Sistem Kerja

3 November 2021   10:58 Diperbarui: 3 November 2021   11:09 477 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Ergonomic | sumber ilustrasi: Unsplash

Dalam dunia kerja ergonomi memiliki pendefinisian sebagai sebuah ilmu yang mempelajari tata cara menyelaraskan antar manusia dengan pekerjaan serta lingkungan pekerjaannya. 

Ergonomi sendiri berfokus pada terciptanya kenyamanan, keselamatan bahkan pencegahan terhadap hal-hal seperti cidera atau gangguan kesehatan pekerja dengan fokus utama meningkatkan sebuah produktivitas dan efisiensi kerja serta kualitas hidup manusia yang lebih baik.

Pada dasarnya ilmu ergonomi adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari perilaku manusia pada pekerjaan yang mereka lakukan dimana sasaran utama ergonomi adalah manusia dan tingkah laku mereka saat bekerja di lingkungan pekerjaannya.

Ergonomi juga berusaha untuk menjamin tiap pekerjaan serta tugas yang diberi dari pekerjaan didesain dan diberi pertimbangan dengan atas dasar kemampuan seorang manusia dan atau kapasitas kerjanya.

Secara umum bisa diartikan jika ergonomi adalah penyesuaian tugas atau tanggung jawab dengan kondisi manusia yang sebagai pekerjanya dengan tujuan utama untuk meminimalisir stress kerja. 

Dimana upaya yang bisa dilakukan seperti menyesuaikan tempat kerja, cahaya ruangan, suhu ruangan serta kelembapan ruangan kerja agar sesuai kenyamanan dan kebutuhan dari pekerjanya yaitu manusia itu sendiri.

Adapun manfaat penerapan dan memperhatikan ilmu ergonomi adalah sebagai berikut:

  • Memperbaiki performa kerja misalnya kecepatan dalam bekerja, keefisiensian, ketelitian, keselamatan kerja dan yang terpenting mengurahi kelelahan akibat kerja.
  • Meminimalisir waktu yang terbuang sia-sia dan mengurangi adanya kerusakan pada peralatan kerja yang bisa saja disebabkan kelelahan atau bahkan disebabkan "human eror".
  • Memperbaiki tingkat kenyamanan manusia dalam kerja itu sendiri.

Kondisi atau tempat kerja yang kurang ergonomis dapat menyebabkan "human eror" karena terdampak oleh kelelahan pekerja yang berlebihan dan biasanya disebabkan karena tubuh pekerja tersebut merasa kurang nyaman saat bekerja. Yang perlu dilakukan jika seperti itu adalah mengevaluasi sistem kerja dan meningkatkan atau menata ulang peralatan dan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang digunakan sebelumnya.

Dalam upaya menciptakan suasana dan kondisi kerja yang nyaman serta aman, perlu memperhatikan diantaranya tiga komponen utama dalam pekerjaan yaitu yang terpenting adalah manusia, lalu kegunaan mesin, dan lingkungan kerja itu sendiri. 

Dalam penerapan ilmu ergonomi manusia adalah suatu komponen paling penting dan paling utama untuk diperhatikan, karena manusia adalah yang menjadi operator dari pekerjaan itu sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan