Mohon tunggu...
Dhiya Sarah Din Silmi
Dhiya Sarah Din Silmi Mohon Tunggu... Lainnya - Pemimipi

Mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Airlangga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Serba-Serbi Perayaan dalam Menyambut Hari Kemerdekaan Amerika Serikat

3 Juli 2022   01:24 Diperbarui: 3 Juli 2022   01:25 240 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://dpcountyks.com/event/troy-lions-club-4th-of-july-fireworks/ 

Istilah mengenai 4th of July pasti tidak asing lagi bagi para pembaca terlebih sering disebutkan pada lagu atau film barat populer. Tapi apakah arti sebenarnya dari 4th of July?. Jadi, 4th of July merupakan hari kemerdekaan Amerika Serikat. Tepat pada tanggal 4 Juli 1776, Amerika Serikat mendeklarasikan kemerdekaannya dan menyatakan bahwa mereka tidak lagi beroperasi di bawah kekuasaan Inggris. Kongres memilih untuk mendeklarasikan kemerdekaan pada 2 Juli dan diumumkan dua hari kemudian, yakni pada 4 Juli. Hal ini dikarenakan ketiga belas koloni sedang melangsungkan pertempuran dengan Perancis.

Sebelumnya, Amerika Serikat merupakan salah satu dari tiga belas koloni yang dimiliki Britania Raya (Inggris). Keduanya telah berperang selama lebih dari satu tahun, tetapi hubungan semakin memburuk selama lebih dari satu dekade pada saat itu. Pada tahun 1765, ketegangan muncul karena Britania Raya menerapkan undang-undang yang membuat mereka lebih banyak memiliki andil terutama perihal pajak. Hal ini membuat tiga belas koloni merasa dirugikan, sehingga hal ini menjadi masalah yang berkelanjutan bagi kedua belah pihak. Selama beberapa tahun berikutnya, pemberontakan dilakukan oleh tiga belas koloni dengan tujuan menuntut kebebasan  karena mereka memandang Parlemen Inggris sebagai korup.

Benih-benih pemberontakan ini pada akhirnya akan berkembang dan membentuk Amerika Serikat sebagai negara yang berdaulat. Tiga belas koloni juga turut andil dan merasa pentingnya membuat dokumen resmi untuk menguatkan "perpisahan" Amerika dengan Inggris. Sehingga pembuatan draft dokumen kemerdekaan dilakukan. Kala itu draft dokumen dibentuk oleh Komite Lima yang meliputi : John Adams, Thomas Jefferson, Roger Sherman, Robert Livingston, dan Benjamin Franklin. Revisi Deklarasi Kemerdekaan berlanjut hingga 3 Juli dan hingga sore hari tanggal 4 Juli. Dari 13 koloni, sembilan memilih mendukung Deklarasi, dua - Pennsylvania dan Carolina Selatan - memilih menentangnya. Delaware ragu-ragu, dan New York abstain.

Melalui histori singkat dan latar belakang yang penuh perjuangan, Amerika Serikat akhirnya mendapatkan kemerdekaannya. Untuk merayakan hal tersebut, beberapa elemen masyarakat Amerika Serikat menambahkan sejumlah aktivitas untuk memeriahkan suasana. Berikut serba-serbi perayaan dalam menyambut hari kemerdekaan Amerika Serikat.

Pertemuan Keluarga dan Pesta Barbeku

https://www.americanpropanegas.com/blog/dont-let-your-barbeque-party-end-up-in-flames-a-few-safety-tips
https://www.americanpropanegas.com/blog/dont-let-your-barbeque-party-end-up-in-flames-a-few-safety-tips

Pada peringatan hari kemerdekaan, banyak warga Amerika Serikat yang berkumpul bersama keluarga ataupun teman dan biasanya merayakan dengan menyalakan kembang api atau mengadakan pesta barbeku atau pesta bakar-bakar. Sejarah pesta barbeku di Amerika berawal pada sekitar abad 20. African-American atau orang-orang Amerika kulit hitam yang memasak barbeku dan kemudian disajikan kepada orang-orang kulit putih. Pada sekitar abad 20 dimana rasisme masih sangat tinggi, orang-orang Amerika yang berkulit hitam dibolehkan makan setelah orang-orang kulit putih menyantap hidangan mereka. Sejarah pesta barbeque sendiri berasal dari orang-orang Native Indian American. 

Kata barbeku sendiri berasal dari Bahasa Spanyol barbacoa yang memiliki arti cara orang-orang Native Indian American memasak daging di atas papan kayu. Setelah orang-orang Eropa mengetahui hal tersebut, mereka menerapkan cara membakar dan memasak daging kemudian mengambil dari orang-orang Karibia atau Caribbean, lalu membawanya ke daerah selatan Amerika yang kemudian terbentuklah barbeku. Mereka membakar hewan dengan cara ditusuk kayu yang kemudian dibakar diatas parit. 

Berdasarkan website Southern Living, warga Amerika Serikat berkumpul untuk di tempat publik pada tahun 1820-an untuk merayakan hari kemerdekaan diiringi dengan pemimpin pidato yang membacakan proklamasi kemerdekaan kemudian setelah acara selesai, mereka berpesta barbeku di hutan. Pada pesta barbeku ini, bukan hanya per keluarga saja atau teman dekat. Namun banyak orang-orang yang datang untuk berkumpul seperti pendatang. Orang-orang pendatang datang untuk mendapatkan daging yang diberikan masyarakat setempat.

Memasak di Hari Kemerdekaan sangat menginspirasi Partai Demokrat-Republik, yang mempertahankan dukungan kuat di negara bagian selatan. Namun ada beberapa orang Amerika yang merayakan acara tersebut dengan masakan yang kurang tradisional, seperti sup kura-kura, yang populer di daerah Philadelphia, Boston, dan Charleston. Selain menyelenggarakan barbeku atau bakar-bakar untuk merayakan dan memperingati hari kemerdekaan Amerika Serikat yang jatuh pada tanggal 4 Juli, hal tersebut dilakukan juga sebagai wujud kebanggan atas daerah mereka, kegiatan barbeku atau pesta bakar-bakar juga menginspirasi para Partai Demokrat dan Republik untuk mempertahankan dukungan dari bagian daerah Selatan Amerika Serikat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan