Mohon tunggu...
Dhiva Luthfi Aulia
Dhiva Luthfi Aulia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Dhivaa

Mine

Selanjutnya

Tutup

Digital

Dampak Positif dan Negatif IPTEK

31 Juli 2021   17:34 Diperbarui: 31 Juli 2021   17:50 263 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dampak Positif dan Negatif IPTEK
img-20210731-172122-798-6105241d1525100fe41b4923.jpg


 

Ilustrasi: Kaba12.com


Ilmu yang mempelajari tentang perkembangan teknologi berdasarkan Ilmu pengetahuan atau biasa disebut dengan IPTEK memiliki banyak dampak positif tersendiri bagi penggunanya. Salah satunya menambah efektifvitas dan efisiensi dalam interaksi sosial masyarakat. Manfaat IPTEK sangat berpengaruh baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Apalagi di jaman yang semakin canggih dari waktu ke waktu. Bukti-bukti IPTEK bisa kita lihat dalam kegitan sehari-hari seperti internet, handphone, komputer, laptop, motor, mobil dan lain sebagainya. Manfaat IPTEK bagi kehidupan manusia adalah meringankan pekerjaan manusia. Memperluas ilmu pengetahuan dan cakrawala.Dengan mudah mendapatkan informasi terbaru disetiap harinya.


Menurut Poerbahawadja Harahap, IPTEK adalah ilmu pengetahuan tentang teknik yang dapat membuat manusia terpacu untuk mengetahui seluk beluk bidang industri. Oleh sebab itu, hasil IPTEK lebih dikaitkan dengan kegiatan pabrik atau industri.
Adapun menurut Naisbit, IPTEK adalah benda atau peralatan yang memiliki wujud berbeda dengan manusia, IPTEK berfungsi sebagai pembantu pekerjaan manusia. Hasilnya, manusia tidak perlu menyelesaikan pekerjaannya dengan menggunakan tangan secara langsung.


Dan menurut Miarso, IPTEK adalah usaha yang dapat dilakukan oleh manusia untuk dapat menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih. Contohnya, sebuah pekerjaan yang biasanya dikerjakan dengan target standar, dapat melebihi target yang sudah ditentukan dengan adanya IPTEK. Yang intinya memanfaatkan IPTEK dapat sangat menguntungkan, khususnya dalam bidang produksi.


Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini IPTEK sangat dibutuhkan bagi masyarakat. Seperti hal nya internet. Internet sangat dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan adanya internet segala sesuatu jadi lebih mudah. Salah satunya yaitu kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan secara daring dan bisa dilakukan di dalam rumah masing-masing. Begitu pun dengan masyarakat tidak perlu bersusah  payah berbelanja ke pusat perbelanjaan atau supermarket, karena dengan berkembang pesatnya IPTEK berbelanja pun jadi lebih mudah karena bisa secara online hanya bermodalkan internet. Dengan begini bisa meminimalisir terjadinya penularan virus Covid-19 karena kita memutus rantai covid dengan tidak berkerumun dengan banyak orang.


Selain itu manfaat IPTEK di masa pandemi juga bisa mempermudah masyarakat untuk pendaftaran vaksinasi Covid-19 saat PPKM Darurat. Masyarakat hanya perlu mendaftar secara online melalui aplikasi dan dapat memilih tempat vaksinasi juga waktunya yang diinginkan, kemudian hadir 15 menit sebelum jadwal kedatangan yang tertulis di e-voucher. Dan dengan adanya teknologi yang semakin canggih ini masyarakat lebih mudah dalam mengakses program-program yang telah ditetapkan pemerintah.
 

img-20210731-172548-659-6105260206310e3bd5287773.jpg
img-20210731-172548-659-6105260206310e3bd5287773.jpg

Ilustrasi: NUSABALI.com 

Namun, disamping semua dampak positif dari IPTEK ada juga dampak negatifnya dari perkembangan IPTEK. Seperti munculnya kejahatan baru khususnya cyber crime, berkembangnya sifat komsumtif, dan hilangnya budaya tradisional.


Dan juga tidak jarang dampak IPTEK ini menuai kontroversi dikalangan masyarakat. Sebagian warga mengatakan seiring berkembangnya IPTEK atau internet membuat anak kurang bersosialisasi dengan anak-anak lain, kurang memiliki hubungan dengan dunia luar, dan anak akan mencari kepuasan simulasi, dengan kata lain kecanduan. Seperti hal nya saat ini sedang maraknya game online, banyak anak-anak dibawah umur yang kecanduan game online sehingga melalaikan tugasnya sebagai pelajar.


Dari semua dampak positif dan negatif diatas, tidak mudah untuk membuat penilaian apakah teknologi internet berdampak positif atau negatif, karena jawabannya sangat tergantung dari sang pengguna teknologi tersebut. Dampak teknologi pada anak dan remaja seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, teknologi internet dapat berdampak positif atau negatif tergantung dari penggunanya. Namun, jika dilihat dari segi psikologis, dampak ini akan berpengaruh terhadap beberapa aspek perkembangan anak dan remaja, yaitu perkembangan fisik, sosial dan emosi, perkembangan intelligensi dan moral.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN