Mohon tunggu...
Dhimas LN
Dhimas LN Mohon Tunggu...

Industrial engineer, kompasianer, blogger, biker, kaskuser, mahasiswer, dan pastinya hamba Allah :) [dhimaskasep.wordpress.com] [FB] [Twitter]

Selanjutnya

Tutup

Manajemen

Helicopter View, Eagle View

11 Januari 2011   03:07 Diperbarui: 26 Juni 2015   09:44 3055 0 0 Mohon Tunggu...

Helicopter view, sebuah istilah yang sering digunakan di dunia bisnis dan manajemen. Intinya adalah bagaimana kita melihat suatu hal dari sisi yang lebih general, seperti kita melihat dari atas helikopter.

[caption id="attachment_5060" align="aligncenter" width="450" caption="Helicopter & View from Helicopter (sumber: wikimedia.org)"][/caption]

hel·i·cop·ter view (plural hel·i·cop·ter views) noun Definition: overview: a general outline or brief summary of a situation or subject a helicopter view of the state of the industry sumber : Encarta Dictionary; Helicopter view

Konsep ini dipakai agar kita melihat sebuah permasalahan secara sistemik. Karena suatu masalah di sebuah bagian, bisa jadi berhubungan dengan bagian lainnya, yang baru dapat diketahui jika kita melihat secara general. Dengan helicopter view pun kita dapat tahu dengan lebih baik mengenai langkah apa yang sebaiknya dilakukan dalam menyelesaikan suatu masalah atau ketika membuat perencanaan tertentu.

Sering kita lihat di film dokumenter tentang aksi pengejaran polisi dengan ghost rider (hantu jalanan, orang yang suka kebut-kebutan). Dengan bantuan helikopter, selain aksi pengejaran tersebut bisa direkam agar dapat ditonton oleh jutaan pemirsa di dunia (haiah), para polisi yang mengejar di bawah pun dapat terbantu. Yang di helikopter dapat memantau kemana kira-kira arah penjahat akan pergi, dimana daerah yang macet yang dapat dimanfaatkan untuk menjebak si penjahat, dimana jalan-jalan pintas yang dapat ditempuh mobil lain agar bisa mengepung si penjahat, etc. Intinya, banyak kemungkinan solusi yang dapat kita lihat dengan menggunakan helicopter view dibanding melihat dengan view normal.

Dalam perusahaan pun juga gitu. Sebuah produk yang tidak laku misalnya, belum tentu itu karena produk tersebut jelek. Bisa jadi masalahnya ada pada bagian marketingnya, atau ada regulasi pasar yang membuat produk ga laku, atau karena produk kompetitor jauh lebih bagus, etc.

Nah, ada lagi yang namanya eagle view*, pandangan elang. Mereka dapat terbang tinggi sambil mencari mangsa yang bergerak di permukaan. Ketinggian terbangnya membuat si elang dapat melihat dalam sekup yang luas, namun penglihatan matanya yang tajam juga dapat menemukan mangsa kecil yang bergerak-gerak di bawah.

Dengan eagle view, selain dapat melihat secara general, kita juga harus dapat melihat secara mendetail. Hal ini dapat memberikan pemikiran yang lebih tajam di setiap bidang sehingga kita dapat memperoleh solusi yang jauh lebih baik.

sumber:quantum-leap-strategies.com

nb: * istilah ini ngarang sendiri. Jadi belum bisa dijadikan sebagai literatur. Kecuali berani nampilin dhimaskasep di bagian daftar pustaka :P

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x