Mohon tunggu...
Dhea Aida Noer Rachmah
Dhea Aida Noer Rachmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam

Tanpa Berita anda bukan siapa-siapa!!.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pelabuhan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia

4 November 2022   21:47 Diperbarui: 4 November 2022   22:24 363
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pelabuhan sebagai salah satu penghubung dari mata rantai untuk keberlangsungan angkutan muatan laut serta darat. Secara menyeluruh pelabuhan dapat diartikan sebagai sebuah daerah perairan yang tidak terkena badai/ arus dan ombak. Sehingga kapal dapat bersandar, berputar dan bongkar pasang muatan untuk perpindahan penumpan dengan cara mudah sehingga dapat dilaksanakan.

Dalam UU No. 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, Pelabuhan sebuah tempat yang mana terdiri dari daratan dan lautan dengan batas-batas tertentu, sebagai tempat untuk berkegiatan baik perusahaan atau pemerintahan. Secara kasat mata Pelabuhan digunakan tempat kapal berlabuh, turun naiknya penumpang dan bongkar pasang barang. 

Maka dari itu, Pelabuhan rata-rata terminal dan tempat bersinggah kapal dengan difasilitasi oleh keamanan dan keselamatan layanan untuk pelayaran sebagai kegiatan penunjang dan penghubung pelabuhan lainnya. Pelabuhan mempunyai peran yang strategis agar mendukung system trasportasi sebab menjadi titik simpul yang menguhubungkan antar Daerah dan Negara. Pelabuhan menjadi tempat perpindahan intra dan antarmoda trasportasi (Oblak dkk, 2013,84).

 Salah satu Negara kepulauan terbesar di Dunia, yang menjadikan Pelabuhan sebagai Poros Maritim Dunia. Poros Maritim Dunia memiliki tujuan untuk menjadikan Negara Indonesia sebagai Negara maritim yang kuat, besar dan makmur, melalui pengembalian identitas Indonesia sebagai bangsa Maritim.

Serta melestarikan potensi maritim agar mewujukan pemerataan ekonomi Indonesia. Indonesia mempunyai lautan yang luas dan garis pantai terpanjang kedua di Dunia. Dalam geografis Indonesia berada di daerah khatulistiwa. 

Memiliki dua benua diantaranya benua Asia dan benua Autralia. Serta memiliki dua Samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Fasifik. Diduga pada aman dahulu, lokasi kepulauan Nusantara sudah terbentuk persilangan alur lalu lintas laut untuk menghubungkan benua barat dan timur. Hal itu menjadi salah satu alasan bahwa Indonesia pantas di sebut sebagai Poros Maritim Dunia.

Upaya Pemerintah agar menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia tercatat dalam Lima Pilar Poros Maritim Dunia yang dikemukakan oleh Presidean Republik Indonesia yaitu Joko Widodo. Isi Lima pilar tersebut yaitu:

Pilar 1 : Pembangunan Kembali budaya maritim Indonesia

Pilar 2 : Berkomitmen dalam mengelola serta menjaga sumber daya laut melalui pengembangan industry perikanan dengan - menjadikan nelayan sebagai pilar yang paling penting.

Pilar 3 : Berkomitmen dalam pengembangan infrastruktur dan konektivitas untuk membuat tol laut, pelabuhan luat perkapalan dan logistic. Serta pariwisata maritim.

Pilar 4 : Diplomasi maritimdengan mengajak semua pihak di Inonesia agar bekerja sama dalam bidang kelautan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun