Mohon tunggu...
dharma simatupang
dharma simatupang Mohon Tunggu... Guru - Guru Fisika SMK N 2 Pematangsiantar

^^Anugrah Ilahi membuat ku membumi^^

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Memanfaatkan Komik Literasi Saat Belajar di Masa Pandemi

14 Juli 2021   23:54 Diperbarui: 15 Juli 2021   00:14 207 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memanfaatkan Komik Literasi Saat Belajar di Masa Pandemi
sumber gambar:(komik pendidikan.id)

"O Papa, besok belikan lagi ya buku yang seperti ini ( sambil menunjukkan cover buku ) karena kami sudah selesai membacanya Pa. Janji ya  Pa ". 

Itu adalah permintaan anak bungsu ku, seorang putri yang baru saja menyelesaikan pendidikan di tingkat Taman Kanak Kanak. Saat ini dia baru menginjak bangku awal Sekolah Dasar. 

Semenjak dia lancar membaca, semua tulisan yang terlihat matanya dirumah , saat melintas di jalan tak luput dibacanya.  Memang sekarang lagi giat - giatnya dia membaca buku komik bersama abangnya. Bahkan majalah anak-anak juga di lahapnya.  Baru bangun pagi, selesai mandi sore, dan sering juga malam sebelum tidur menyempatkan membuka buku komiknya. Entah membaca-baca atau melihat ulang gambar-ganbar di buku komiknya. 

Saya bersyukur, si bungsu sudah bisa calistung. Dengan memaksimalkan belajar di rumah bersama kami, karena di sekolah TK juga terpaksa harus belajar non tatap muka . Memang awalnya saya merasa pesimis saat mendaftarkannya di TK. Dari segi ekonomi, mesti bayar uang pendaftaran lagi, bayar uang pembangunan juga, bayar atribut dan ATK, ditambah biaya SPP tiap bulan selama setahun. Toh akhirnya belajarnya jarak jauh. Bagaimana nantinya kemampuan calistung anak saya ?

Beruntung dari sharing dengan Ibu guru TK nya supaya memperkenalkan buku komik literasi sebagai langkah awal anak dekat dengan buku. Tidak ketinggalan, saya juga brows informasi terkait buku komik literasi. Ini lah awal perkenalan kami dengan buku komik literasi. 

Mengenal buku komik literasi

Tak dapat disangkal, bahwa buku komik bergambar semakin digemari dan populer di kalangan anak-anak hampir semua tingkat umur. Dapat dikatakan, sekarang kita hidup dalam kebudayaan dimana anak-anak sangatlah tertari dengan media gambar.  Namun sangat disayangkan di kalangan orangtua bahkan tak sedikit guru  yang menepikan dan merendahkan buku komik.Mereka sepertinya mematok bahwa buku komik " bukan buku pembelajaran yang benar ". 

Buku komik literasi bersikan sedikit teks yang disertai gambar-ganbar yang sangat membantu dalam memamhami infornmasi/pesan yang akan disampaikan suatu topik atau karakter. Topik yang diangkat bermacam-macam seperti seputar sejarah, masalah moral dan budi pekerti, kesehatan, tentang pendidikan,  dan soft skill. 

Alasan mengapa komik literasi digemari anak-anak (pemula) adalah karena bukunya banyak gambar menariknya dan mudah di baca sehingga membuat anakmtidak lekas merasa bosan. Sianak dapat belajar dengan durasi waktu yang lama ynag diikuti dengan rasa penasaran/ingin tahu untuk segera menuntaskan buku komiknya. 

Mamfaat komik literasi pada anak pembaca pemula

Yang pertama, buku komik literasi dapat mendekatkan anak dengan buku yang tentunya mendekatkannya dengan ilmu pengetahuan. Selain itu buku ini juga meningkatkan motivasi anak membaca sejak dini. Jadi buku komik literasi dapat menjadi awal pembuka pintu untuk memudahkan anak belajar lebih lanjut ke buku teks. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN