Mohon tunggu...
Dhafina Alima
Dhafina Alima Mohon Tunggu... Guru - SMP Labschool Jakarta

hai

Selanjutnya

Tutup

Trip

Liburan Akhir Tahun!

8 Januari 2019   09:37 Diperbarui: 8 Januari 2019   10:37 101 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Hai! Namaku Dhafina Alima Rustandi. Ini adalah cerita liburan akhir tahunku. Siapkan minuman dan camilan favorit kalian, karena ceritaku sangat panjang (menurutku sih.)!

Sekitar 2 minggu sebelum tahun baru atau tanggal 1 Januari 2019, SMP Labschool Jakarta mengadakan pembagian rapor akhir semester 1. Mungkin bagi kalian hari itu adalah hari dimana kalian akhirnya tahu nilai kalian. Menakutkan? Iya banget! Nah, bagiku, hari itu adalah hari dimana liburan dimulai! Jadi, aku bersantai di rumah sementara mamaku mengambil rapor. Malam harinya, kami (aku dan kakakku) diberitahu bahwa, kalau memungkinkan, setelah reuni kuliah mama di Bandung, kami akan melanjutkan jalan-jalan ke Yogyakarta dan Solo. Lewat jalan darat. Pakai mobil. Selama kira-kira tujuh atau delapan hari. Oke deh.

Awalnya aku menolak. Alasanku antara "Nanti aku mabuk darat!" atau "Enggak, ah. Pengen di rumah aja." Atau "Gak mau. Nanti capek". Setelah dibujuk (dua kali dibujuk, lebih tepatnya.) aku akhirnya mengalah.

"Yaudah. Aku ikut. Tapi siapin obat anti-mabuk yang banyak ya!" Kataku.

Hahaha. Setelah membuat keputusan akan ikut ke Solo dan Yogya, aku bertekad akan bersantai di rumah, main handphone, dan mendengarkan musik selama liburan sebelum dan setelah libur panjang ke Bandung-Cirebon-Yogya-Solo. Kupikir, aku tidak akan diberi kejutan lagi. SALAH! Seminggu sebelum keberangkatan, orangtuaku bilang kami akan mengunjungi tanteku. Rencanaku mendengarkan musik sambil main handphone berantakan sudah. Tapi tetap saja aku senang, karena tanteku itu jago masak, dan kami sering mengobrol seru kalau sedang mengunjunginya.

Akhirnya, setelah berkunjung ke rumah tante, kami pulang ke rumah dan mulai mengepak baju keesokan harinya. Setelah beberapa hari, akhirnya kami siap berangkat ke Bandung! Selama dua hari di Bandung, kami melakukan banyak hal. Mulai dari wisata kuliner, pergi ke dua kampus yang berbeda, bersantai di hotel, dan pergi ke mall. Kalau pergi ke Bandung, kalian harus mencoba kopi di caf Bandung yang enak! Cari saja di Google, nanti juga kalian tahu, kopi apa saja.

Setelah dari Bandung, kami singgah di Cirebon selama sehari agar tidak terlalu capek. Setelah ke Cirebon, kami pergi ke Yogya. Di Yogya, kami lebih melakukan wisata kuliner daripada pergi nge-mall. Pertama kami memakan sate khas Yogya, sate klathak! Kami tiba di restoran sate klathak yang terkenal enak. Tentu saja, seperti restoran terkenal lainnya, restoran satu ini ramai! Pertama kami memesan sate klathak. Satu porsi sate klathak isinya dua tusuk. Karena itu, kami memesan empat bungkus. Selain sate klathak, ada beberapa makanan lain yang kami pesan, tapi aku lupa, hehehe. 

Nah, mbak-mbak waitress memberi tahu kami bahwa kami harus menunggu... 2 JAM! Karena sudah sampai di Yogya, masa kami tidak makan sate klathak?! Jadilah kami menunggu, dan menunggu, dan menunggu. Alhamdulillah, sate klathak tersebut disajikan pada kami sekitar satu setengah jam setelah penungguan. Mungkin banyak orang yang memesan, tapi setelah itu membatalkan pesanannya, sehingga pesanan kami sampai lebih cepat.

Keesokan harinya kami check out pagi-pagi sekali, karena kami pergi minum kopi khas Yogya dan pergi ke museum Gunung Merapi. Di museum tersebut, kami menonton sejarah gunung Merapi, yaitu saat Merapi meletus tahun 2010. Setelah ke museum tersebut, kami ke Museum Ulen Sentalu. Sayangnya, kami tidak boleh memotret koleksi milik museum ini. Museum ini isinya ada arca, lukisan, dan sejarah kerajaan Surakarta dan Yogyakarta. Kalau mau tahu lebih lanjut, kunjungi saja museumnya!

Setelah dari Yogya, kami ke Solo. Di Solo, kami juga melakukan wisata kuliner! Mulai dari selat solo, timlo solo, tengkleng, dan kami pergi ke beberapa caf di Solo! Ada caf yang bernama Tiga Tjeret. Caf ini menyediakan bermacam-macam jenis sate, nasi, dan wedang. Yang paling aku suka? Sate kulit, nasi sapi lada hitam, dan wedang jahe susu! Lalu ada caf yang menyediakan kopi yang enak. Kami liburan di Solo selama dua malam, tiga hari. Setelah puas di solo, kami pulang!

Itu saja liburanku! Terima kasih sudah membaca!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan