Bicara soal promosi, pasti sudah tidak asing di benak Anda. Entah itu, Anda temukan pada supermarket, maupun iklan di stasiun televisi yang kebetulan Anda tonton. Nah, pasa kesempatan kali ini, tidak hanya akan membahas tentang kumpulan kata-kata promosi saja, tetapi juga pengertian, tujuan serta jenis-jenis promosi yang umum digunakan.
Seperti namanya. Promosi merupakan sebuah kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh individu atau perusahaan dengan komunitas yang lebih luas.Tujuannya adalah untuk memperkenalkan sesuatu seperti produk, jasa, brand, maupun perusahaan kepada masyarakat, dan pada saat yang sama juga bertujuan untuk memengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut.
Promosi juga bisa diartikan sebagai kegiatan untuk pemasaran, dan orang yang mempromosikan biasanya melakukan kegiatan promosi untuk memberikan informasi tentang produk dan mendorong konsumen untuk membeli produk. Ada terlalu banyak cara dan metode promosi yang bisa digunakan untuk menarik konsumen, bahkan metode promosi selalu berkembang seiring waktu.
Semua orang pastinya sudah sering mendengar atau membaca tentang promosi yang dilakukan oleh perusahan-perusahaan, baik itu melalui media cetak, papan iklan, radio, televisi, maupun Internet. Mereka yang tertarik dengan promosi yang disampaikan biasanya membaca informasi dalam promosi secara menyeluruh agar tidak ketinggalan informasi apapun dari promosi yang dilihat tersebut.
Pengertian Promosi Menurut Para Ahli
Untuk lebih memahami tentang pengertian dari promosi. Berikut ini ada beberapa pendapat para ahli mengenai apa arti dari promosi itu.
- Harper Boyd
Berdasarkan penjelasan Harper Boyd, promosi merupakan upaya yang dilakukan seseorang untuk membujuk orang lain, agar mau menerima produk, gagasan, maupun konsep yang ia tawarkan.
- Swastha
Sedangkan menurut Swastha, promosi mempunayi arti berupa persuasi dari satu arah yang diperuntukkan guna mempengaruhi orang lain. Tujuan dari persuasi tersebut sebagai tindakan dalam membentuk pertukaran pada sebuah pemasaran.
- Tjiptono
Tjiiptono percaya bahwa promosi berarti suatu bentuk komunikasi pemasaran yang bertujuan untuk menyebarluaskan informasi, mempengaruhidan juga mengingatkan target pasar sehingga perusahaan dan produk-produknya mau menerima, membeli, dan loyal pada produk yang disediakan oleh perusahaan yang bersangkutan.
- Gitosudarmo
Menurut Gitosudarmo, promosi merupakan kegiatan yang bertujuan memengaruhi konsumen, tujuannya adalah untuk membiasakan mereka dengan produk yang disediakan perusahaan kepada mereka, dan kemudian mereka akan bahagia dan membeli produk.