Mohon tunggu...
Dewi sri Hardiani
Dewi sri Hardiani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

saya merupakan mahasiwa yang sedang menempuh pendidikan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Menelusuri Keindahan Kaki Gunung Manglayang

25 November 2022   19:52 Diperbarui: 25 November 2022   20:01 197
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Minggu pagi menjadi waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Seperti saat ini, saya berniat menghabiskan waktu diakhir pekan dengan mengunjungi tempat wisata yang ada di sekitar rumah yaitu tempat wisata Batu Kuda Manglayang. 

Terletak di jalan Cibiru Wetan, Cileunyi, Bandung kaki gunung manglayang memiliki suasana yang asri, pemandangan yang Indah juga hijaunya dedaunan yang menyegarkan mata. Tempat wisata Batu Kuda merupakan salah satu tempat wisata yang banyak sekali dikunjungi oleh masyarakat terutama di akhir pekan. 

Wisata Batu Kuda Manglayang hanya berjarak sepuluh meter dari rumah saya. Akses nya pun mudah karena bisa dilalui oleh kendaraan beroda empat maupun dua. Tak jarang setiap minggunya rombongan pengunjung datang untuk berwisata disana. Baik iti menggunakan mobil pick up, motor, dan kendaraan umum lainnya. 

Wisata Batu Kuda ini merupakan kawasan perbukitan yang mana di dalamnya terdapat hutan pinus yang berjejer dengan indahnya. Dengan ketinggian 1150 hingga 1300 mdpl membuat para pengunjung juga bisa melihat kota Bandung yang sangat Indah. 

Biaya masuk tempat wisata Batu Kuda Manglayang sangatlah terjangkau  di hari libur tiket masuk sebesar Rp. 12.000 sementara di hari biasa tiket masuk nya sebesar Rp.  10.000. Dengan harga yang terjangkau tidak aneh jika tempat wisata itu selalu dikunjungi wisatawan. 

Kami sebagai pengunjung pun tidak hanya disuguhkan pemandangan yang Indah saja tetapi juga terdapat spot-spot menarik yang bisa dimanfaatkan seperti adanya batu kuda yang konon katanya mirip seperti kuda, ada juga menara pandang dan area hutan pinus yang di hari libur biasanya dipenuhi dengan penjual, sewa hammock atau pun penyewaan kuda.  

Wisata Batu Kuda Manglayang menjadi desa wisata kreatif dimana menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat sekitar, karena dengan adanya tempat wisata tersebut masyarakat bisa membuka lapangan usaha. 

seperti berjualan misalnya, banyak sekali warga yang berjualan gorengan, air mineral, cemilan, mainan anak dan lain sebagainya yang pastinya memudahkan wisatawan yang berkunjung kesana. 

Selain itu juga ada yang menyewakan hammock dimana harga sewa nya sebesar dua puluh ribu rupiah dan juga jaminan ktp. 

Tak hanya itu disana juga tersedia sewa naik kuda. Dengan track disekitar pohon pinus. Mengingat setelah pandemi ini masyarakat dibuat kelimpungan mencari sumber pemasukan untuk menghidupi keluarga mereka di rumah. Tak sedikit masyarakat di daerah tersebut yang tidak memiliki mata pencaharian merasa beruntung dengan adanya tempat wisata ini.  Karena banyak sekali masyarakat yang terbantu dengan tempa wisata tersebut. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun