Mohon tunggu...
Dewi Puspita
Dewi Puspita Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah seorang guru di sekolah dasar negeri, hobby saya menulis, travelling, dan buat saya menulis adalah kegiatan yang menyenangkan juga menambah wawasan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kebun Raya Bogor Tempat Wisata Yang Melegenda

18 November 2023   21:55 Diperbarui: 25 Desember 2023   13:44 237
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kebun Raya Bogor terletak di tengah-tengah kota Bogor, tepatnya di Jln. Ir. Haji Djuanda No.13 Paledang Bogor. dikelilingi oleh beberapa hotel, musium dan kawasan perbelanjaan.

Kebun Raya Bogor memiliki 4 pintu masuk yaitu, gerbang pintu masuk utama terletak disebelah utara jalan Djuanda, tepatnya dipertigaan jalan Otto Iskandardinata, pintu masuk ke-2 terletak disebelah barat jalan Djuanda, tepatnya disamping kantor pos Bogor, pintu masuk ke-3 terletak disebrang taman pelintasan Bogor, yaitu pertemuan jalan Pajajaran dengan jalan Jalak Harupat, pintu masuk yang ke-4 bersebrangan dengan kampus IPB Baranangsiang, menarik bentuknya mirip dengan monumen Lady Raffles, tetapi pintu ke-4 ini tidak difungsikan lagi.

Sejarah Singkat Kebun Raya Bogor

Di Situs Wikipedia, kawasan yang kini menjadi Kebun Raya Bogor awalnya merupakan bagian dari "samida" (hutan buatan), yang didirikan dimasa Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi (1474-1513), yang memerintah Kerajaan Sunda, sebagaimana yang tertulis dalam prasasti Batutulis, hutan ini di buat untuk melindungi bibit pohon langka.

Ketika kerajaan Sunda jatuh ke tangan Inggris pada tahun 1811, Thomas Stamford Raffles Gubernur Jenderal Hindia Belanda mendiami Istana Bogor, beliaulah yang awalnya merintis dan membangun Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor adalah kebun raya terbesar dan tertua di Asia Tenggara, dalam sejarah Kebun Raya Bogor pernah memiliki beragam nama julukan yaitu, Land's Plantentuin, Kebun Gede, Syokubutzer (pada masa jepang) dan botanical garden of Indonesia.

Kebun Raya Bogor memiliki luas area sekitar 87 hektar, dengan 15.000 spesies tanaman, kini usia Kebun Raya Bogor menginjak 206 tahun pada bulan Mei 2023. merupakan kawasan wisata konservasi, edukasi, hingga penelitian.

Icon Kota Bogor

Untuk warga Bogor, Kebun Raya Bogor menjadi kebanggaan, karena terkenal di dunia dan menjadi Icon kota Bogor.

Rata-rata pengunjung Kebun Raya Bogor adalah keluarga, karena kebun Raya Bogor sangat luas dan nyaman untuk melakukan aktivitas, dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk, Kebun raya Bogor sangat cocok untuk dijadikan tempat beristirahat serta menenangkan diri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun