Mohon tunggu...
Dewi Puspita
Dewi Puspita Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah seorang guru di sekolah dasar negeri, hobby saya menulis, travelling, dan buat saya menulis adalah kegiatan yang menyenangkan juga menambah wawasan.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Transportasi LRT yang Menyenangkan

5 November 2023   20:01 Diperbarui: 5 November 2023   20:09 219
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
LRT Jabodetabek Harjamukti Cibubur (Dokpri)

TRANSPORTASI LRT YANG MENYENANGKAN

Beberapa minggu lalu saya dan kawan saya mencoba LRT baru, untuk kami yang tinggal di daerah Jakarta Timur dan sekitarnya memang transportasi LRT ini merupakan transportasi baru dan resmi dibuka serta beroperasi sekitar bulan September 2023.

Karena penasaran sepulang dari sekolah kami langsung meluncur ke Stasiun LRT Harjamukti (HAR) yang merupakan stasiun LRT yang terletak di jalan Taman Bunga Wiladatika Cibubur, masuk pada wilayah Cimanggis Depok Jawa Barat. Stasiun yang terletak pada ketinggian +90,500 meter ini termasuk dalam Daop 1 Divisi LRT Jabodetabek dan hanya melayani Line Cibubur LRT Jabodetabek. Khusus para komuter Cibubur hingga Jonggol yang akan menuju atau dari Jakarta bisa berangkat dari Stasiun LRT Harjamukti Cibubur.

Rute LRT Harjamukti berakhir di Stasiun Dukuh Atas Jakarta, melalui beberapa stasiun yaitu Stasiun Harjamukti, Stasiun Ciracas, Stasiun Kampung Rambutan, Stasiun TMII, Stasiun Cawang, Stasiun Ciliwung, Stasiun Cikokol, Stasiun Pancoran, Stasiun Kuningan, Stasiun Rasuna Said, Stasiun Setia Budi, berakhir di Stasiun Dukuh Atas.

Jangan lupa untuk menggunakan dan mengisi kartu elektronik bank atau dompet digital anda, karena setiap pintu stasiun dilengkapi dengan mesin pembayaran digital, bagi yang lupa mengisi ulang kartu elektronik tidak usah khawatir, karena disetiap stasiun LRT dilengkapi juga pos pengisisan kartu elektonik, atau bisa juga diisi secara online dengan M-banking.

Lintas Raya Terpadu (LRT) adalah jenis kereta api ringan, salah satu sistem kereta api penumpang yang beroperasi dikawasan perkotaan, konstruksi ringan, dengan tampilan kursi yang berhadapan serta dilengkapi dengan tuas pengaman darurat, P3K, serta petugas keamanan yang siap membantu penumpang.

Perbedaan LRT, MRT, dan KRL, pada LRT jumlah rangkaian kereta paling sedikit 2-3 rangkaian kereta, sedangkan pada MRT lebih banyak, yakni 6 rangkaian kereta, beda lagi dengan KRL yang memiliki 8-10 rangkaian kereta. Jumlah kapasitas LRT paling sedikit yaitu sekitar 600 penumpang. Sementara itu jumlah kapasitas maksimal MRT dan KRL kurang lebih hampir sama, yakni sekitar 2 ribu penumpang.

Tarif LRT Jabodetabek terjauhnya dikenakan biaya kurang lebih sekitar Rp. 23.000-24.000, untuk rute perjalanan dari stasiun Dukuh Atas menuju stasiun Harjamukti (Cibubur) berada di sekitaran Rp. 21.000-22.000 per perjalanan, Stasiun Dukuh Atas adalah stasiun pertama keberangkatan dari Jakarta.

Perjalanan yang cukup menyengkan, pada siang hari kondisi dalam LRT rute Harjamukti sampai Dukuh Atas sangat sepi, kami bisa berfoto, menikmati pemandangan dari dalam kereta. Setelah melewati beberapa stasiun, tak terasa kereta LRT Jabodetabek ini tiba di stasiun Dukuh Atas, perjalanan dari Stasiun Harja Mukti-Stasiun Dukuh Atas tanpa transit memakan waktu sekitar 51 menit. Beda kondisi saat kami kembali pulang yaitu pada sore hari, kondisi LRT dari stasiun Dukuh Atas sampai stasiun Harjamukti Cibubur sangat padat, karna banyak karyawan yang bekerja di Jakarta menggunakan LRT sebagai transportasi sehari-hari mereka.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun