Mohon tunggu...
Kesehatan

Mengenali Gejala Awal Penyakit Skizofrenia

16 Oktober 2018   17:39 Diperbarui: 17 Oktober 2018   11:51 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mengenali Gejala Awal Penyakit Skizofrenia
www.healthyplace.com

Skizofrenia adalah penyakit mental yang paling sering di derita dan belum di temukan penyebab pastinya. Penyakit mental ini mengganggu pikiran dan persepsi seseorang.  Biasanya menyerang individidu berusia 16 sampai 30 tahun.

Di Indonesia prevelasi ganguan jiwa skizofrenia mencapai sekitar 400 ribu orang. Walaupun belum jelas penyebanya apa tetapi, pengaruh faktor genetik dan lingkungan sosial juga dapat menjadi pemicu awal penyakit  mental ini.

Sampai saat inipun belum ada obat untuk mengatasi penyakit skizofrenis. Di kutip dari CNNIndonesia tanda penyakit skizofrenia dapat di kenali sejak dini

1. Halusinasi suara
Pada penderita skizofrenia akan mengalami halusinasi pada kelima panca inderanya, tetapi halusinasi suara adalah hal yang paling sering terganggu.

70 persen lebih penderita skizofrenia mendengar suara-suara gaib yang tidak jelas asal muasalnya. Suara tersebut biasanya akan berujung mengganggu pikiran, menghilangkan konsentrasi dan membuat daya ingat seseorang menjadi semakin lemah.  

2. Bertingkah laku aneh
Ini yang paling mudah di deteksi sejak dini dari penderita skizofrenia. Penderita biasanya memiliki ekspresi dan tatapan mata yang kosong, mulut yang sering bergerak, dan mata yang jarang berkedip. Selain itu, mereka juga sering mondar-mandir dan ketakutan tanpa sebab.

3. Tingkat kebersihan yang buruk
Tingkat kebersihan yang semakin buruk menjadi awal mula penyakit skizofrenia. Mereka perlahan akan meninggalkan kebiasaan mandi, menyikat gigi dan mengganti pakaian.

Kondisi ini akan semakin memperburuk para penderita karena sikap mereka akan menjadi apatis, mudah emosi dan mulai melupakan penampilan.

4. Menjauh dari lingkungan sosial
Seseorang yang mulai mengisolasi diri dari lingkungan dan mengurangi rutinitas harian seperti bolos sekolah atau kerja serta tidak berhubungan sosial lagi dengan temannya. Mere lebih senang melamun danmengurung diri di kamar. Mereka sangat tidak tertarik berada dalam situasi yang ramai.

5. Percaya dengan gangguan supranatural
Penderita skizofrenia acap kalii mengalami delusi dan halusinasi yang menjurus kepada kepercayaannya akan kekuatan supranatural. Semakin seseorang percaya dengan ilmu tersebut maka level gangguan jiwanya semakin terganggu. 

Gejala tersebut berbentuk paranoid yang membuat penderita semakin memikirkan hal-hal fana yang jauh dari kenyataan. Mereka akan memperlihatkan delusinya seperti merasa bahwa dirinya selalu di hantui oleh roh jahat.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x