Mohon tunggu...
Dewi Lestari
Dewi Lestari Mohon Tunggu... Ingin Belajar dan Terus Belajar

Semangat Bismillah...

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Bunda, Ini Tahap Perkembangan Otakku

4 April 2021   16:16 Diperbarui: 4 April 2021   16:30 122 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bunda, Ini Tahap Perkembangan Otakku
www.cdc.gov

"belajarlah menjadi  ibu, Karena masa depan bayi anda bergantung  kepada apa yang anda pelajari"

Naaah... untuk bunda-bunda yang sedang hamil, atau bahkan yang belum hamil atau juga yang belum nikah, semoga tulisan saya ini bermanfaat. Aamiin...

Manusia di ciptakan dengan sempurna oleh Tuhan, semua sama. Tidak di lebihkan bahkan tidak pula di kurangkan, pas setiap takarannya. Sebelum di lahirkan pun Allah telah mengatur seperti apa manusia nantinya, mulai dari awal kehidupannya, hingga tiba waktunya dia kembali pada Sang Pencipta.

Boleh saja manusia memandang manusia lain itu kurang bahkan bisa di katakan cacat, berbeda dengan Dia yang menciptakan manusia, di mataNya  semua manusia itu sama.  

Seperti bayi, beruntungnya para orang tua yang di karuniai bayi yang tidak kurang satu apapun, bayinya sehat dan lahir dengan selamat. Untuk itu perlunya memantau perkembangan bayi itu sangat penting.

Agar tidak terjadi sesuatu hal yang kurang mengenakkan, maka menarik sekali jika pembahasan kali ini berkaitan tentang tumbuh kembang bayi dalam kandungan, akan tetapi perkembangan otak bayi juga sangat perlu dalam hal pemantauan.

Naaaah.... kali ini tulisan saya mengenai tahapan-tahapan perkembangan otak manusia dalam kandungan, untuk lebih lanjut simak tulisan saya berikut ini:

Perkembangan otak manusia dalam kandungan memang sangat penting untuk di perhatikan, sebab apa? Karena ketika bayi itu lahir otak itu juga akan terus tumbuh seiring dengan bertambahnya umur mereka, maka dari itu betapa pentingnya memperhatikan tumbuh kembang otak bayi dalam kandungan. Tahapan-tahapan pertumbuhan otak bayi dapat di lihat dari trimester pertama, kedua dan selanjutnya, yakni sebagai berikut:

Pada trimester pertama, kisaran umur tujuh minggu-an, otak dan wajah bayi akan mulai tumbuh, naah.. otak bayi ini namanya neural plate. Lalu, neural plate itu tumbuh dan jadilah sebuah tabung saraf yang namanya sering di kenal dengan neural tube.

Kisaran 5-8 minggu tabung saraf atau neural tube mulai tertutup, setelah tertutup  ia akan melengkung dan membesar menjadi tiga bagian, seperti yang sering kita dengar yaitu otak depan, otak tengah dan otak belakang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN