Mohon tunggu...
Dewi Latifah
Dewi Latifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Diponegoro. Akun ini digunakan untuk keperluan publikasi KKN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Darurat PMK, Mahasiswa KKN Undip Adakan Sosialisasi Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku

13 Agustus 2022   20:58 Diperbarui: 13 Agustus 2022   22:11 50 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

KEBUMEN (30/07/2022), Penyakit mulut dan kuku (PMK) merupakan penyakit infeksi virus yang menular pada hewan ternak berkuku belah seperti sapi, kerbau, domba dan kambing. Maraknya kasus PMK belakangan ini menimbulkan kekhawatiran khusus dari pihak pemerintah desa dan peternak di Desa Gebangsari, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen.

Sayangnya, pengetahuan para peternak di desa Gebangsari mengenai tindakan pencegahan dan gejala klinis PMK masih sangat minim. Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melaksanakan sosialisasi mengenai penyakit PMK. Kegiatan dilaksanakan di Rt 01/ Rw 02 bertempat di kediaman Bapak Amin Tohari (Sekretasis Desa) dan dihadiri oleh 25 petani dan peternak setempat. Aspek -- aspek yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut antara lain pengertian penyakit PMK, gejalaklinis ternak yang terserang PMK, hingga pencegahan PMK. Kegiatan sosialisasi juga didukung dengan media cetak berupa poster yang dibagikan kepada setiap peternak yang hadir.

dokpri
dokpri

Dengan dilaksanakannya sosialisasi mengenai penyakit mulut dan kuku (PMK) ini, peternak berharap ternaknya dapat terhindar dari penyakit PMK dengan melaksanakan tindakan pencegahan yang disampaikan dalam sosialisasi.

Penulis : Dewi Latifah

DPL : Dr. Ir. Dwi Haryo Ismunarti, M. Si.

Lokasi : Desa Gebangsari, Kecamatan Klirong, Kabupaten Kebumen

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan