Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... Dosen - bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Pilih Liburan di Pantai atau di Gunung?

24 Mei 2024   13:41 Diperbarui: 27 Mei 2024   00:44 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana senja jelang matahari terbenam di Pulau We atau Pulau Sabang. Sumber gambar dokumen pribadi.

Naik... Naik... Ke puncak gunung. Tinggi... Tinggi... Sekali. Kiri, kanan, ku lihat saja... Banyak pohon cemara.

Siapa yang tak kenal lagu legendaris di atas? Aku sangat suka menyanyikan lagu tersebut, saat bersama Teteh menuju tempat berlibur di gunung dan di pantai. Jalan yang meliuk-liuk dengan pemandangan alam yang menghijau membuat hati riang gembira. 

Kalau ditanya, "Pilih liburan di pantai atau di gunung Teh?" Biasanya Teteh akan langsung menjawab, "Pantai! Bisa main pasir dan berenang." Namun, dia akan melanjutkan dengan, "Liburan di gunung juga seru. Apalagi kalau sambil kemping he3 ..."

Teteh memang anak kinestetik dan visual. Senang sekali kegiatan di alam terbuka, out door activity adalah pilihan tepat bagi Teteh agar selalu semangat. Bahkan kalau sedang tidak kemana-mana, Teteh akan minta aku menemaninya sekedar jalan-jalan bersepeda keliling komplek, atau berenang di sport club dekat rumah.

Adakah K-Ners yang anaknya juga aktif seperti Teteh? Gak bisa diam dan banyak gerak. Sebelum bisa jalan di usia 9 bulan, Teteh malah sudah berani naik ke atas sofa dan memanjat teralis jendela. Waaahhhh ... Bikin jantungku dag-dig-dug. Alhamdulillah ... Aku tidak panik. Secara hati-hati aku pandu Teteh untuk bisa turun perlahan menapaki lagi satu persatu jeruji besi dan selamat mendarat di sofa. 


Oke ... Kali ini aku bagikan beberapa destinasi liburan Teteh yang seru di pantai.

Liburan di Pantai Pulau Sumatra

Pemandangan indah dan alami di Pulau We. Sumber gambar dokumen pribadi.
Pemandangan indah dan alami di Pulau We. Sumber gambar dokumen pribadi.

Indonesia tanah air tercinta adalah negara kepulauan. Bagai zamrud khatulistiwa, begitulah julukannya yang telah mendunia. Garis pantai yang sangat panjang dengan beragam landscape yang unik.

Pantai di sisi Samudera Hindia tentu berbeda dengan pantai di sisi utara Jawa atau Sumatra. Begitu juga pantai di pulau-pulau kecil seperti Bali, Lombok, Belitung, Bangka, We, Kepulauan Seribu, Karimun Jawa, Bawean, Komodo, dan Kepulauan Maluku. Pantai di Sulawesi, Kalimantan, dan Papua juga memiliki karakteristik yang berbeda dan tentu saja sangat menarik untuk dieksplorasi.

Penjelajahan kali ini kita mulai dari Pulau We atau yang dikenal juga dengan Pulau Sabang di Provinsi Aceh. Pulau vulkanik kecil ini memiliki pantai yang indah dan masih alami. Pengunjung harus menyebrang dari Banda Aceh dengan perahu motor. Sebaiknya menginap di pulau ini agar bisa menjelajah dengan lebih leluasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun