Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... Dosen - bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Memperkuat Akar Gerakan Perempuan di Konferensi Perempuan Indonesia (KPI) 2024

16 Februari 2024   19:05 Diperbarui: 16 Februari 2024   19:05 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Konferensi Perempuan Indonesia 2024 di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Sumber gambar Facebook KPI.

Sejatinya semangat Kongres Perempuan Indonesia Pertama yang diselenggarakan pada tanggal 22 Desember tahun 1928 di Yogyakarta adalah akar dari semangat para ibu yang berkumpul di Konferensi Perempuan Indonesia (KPI)2024 kali ini.

Penasaran dengan apa saja yang dilaksanakan oleh peserta, panitia, dan para narasumber di KPI 2024 ini?

Penulis berusaha menyingkap visi KPI melalui wawancara dengan founder Ibu Profesional, Ibu Septi Peni Wulandani. Dia menyampaikan bahwa penyelenggaraan KPI secara offline di Kota Batu, Malang, Jawa Timur pada tanggal 9-11 Februari 2024 adalah untuk menghimpun para perempuan dari berbagai penjuru negeri. Sebelumnya ada kegiatan KPI online yang dilaksanakan pada tanggal 20-22 Desember tahun 2023.  

Flyer KPI dan para narasumber. Sumber gambar Facebook KPI.
Flyer KPI dan para narasumber. Sumber gambar Facebook KPI.

Ayo siapkan diri untuk hari-hari penuh tawa, pembelajaran, dan persahabatan baru. Dalam kegiatan KPI kita bersatu dalam semangat keceriaan dan semangat kolaborasi. Kita bermain bersama ide-ide brilian dan semangat positif yang tak terbendung. Sejarah telah tercipta di KPI 2024. Masyaallah ...

Konferensi ini menjadi wadah untuk merangkul kebaikan yang dimiliki oleh perempuan itu sendiri, sekaligus menginspirasi mereka untuk membawa kebaikan kepada keluarga, komunitas, dan negara secara luas.  Para perempuan Indonesia yang menjadi peserta sangat antusias dalam mempersiapkan diri untuk berbagi pengalaman, ide, dan visi masa depan yang lebih inklusi dan berkelanjutan. Konferensi ini adalah titik awal yang berarti bagi gerakan perempuan Indonesia, dan bersama-sama kita bangun masa depan yang lebih baik bagi semua.

Prosesi pembukaan KPI dimulai dengan tarian Tanjung Gumirah khas dari Banyuwangi yang menggambarkan nilai-nilai toleransi, cinta, dan gotong royong. Tarian ini mencerminkan kekayaan budaya Indonesia. Kemudian lagu Indonesia Raya berkumandang di dalam ruangan sehingga membangkitkan semangat kebangsaan dan bangga sebagai bangsa Indonesia. Ada juga suguhan jingle 'Ibu Profesional' yang membuat para hadirin memberikan tepuk tangan meriah.

Goresan pesan dari Ibu Septi dan pembuktian telah banyak berbagi inspirasi dan motivasi pendidikan pemberdayaan perempuan hingga meraih penghargaan nasional dan internasional. 

Saat tapak karsa melampaui bangsa. Semua Ibu bisa berkarya. Tak ada puncak gunung yang melebihi lututmu, selama kau berhasil mendakinya.

Maka bukan saja diri beliau yang menjelajah penjuru negeri dan melintasi benua, tetapi karya-karya beliau pun ikut menjelajah. Mengejawantah dengan Ikon Prestasi Pancasila 2022 dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), menjadi satu dari 32 Wonderful People Indonesia tahun 2022 versi Guardian, Fellow Facebook Community Leadership Program tahun 2018 di Silicon Valley, California.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun