Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... Dosen - bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Review Serial Buku Manusia Kreatif

2 November 2023   11:51 Diperbarui: 6 November 2023   08:14 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Serial buku "Manusia Kreatif". Sumber gambar dokumen pribadi.

Siapakah teman-teman K-Ners  yang pernah membaca serial buku "Manusia Kreatif" karya Dr. Dwi Indra Purnomo, S.T.P, M.T. ?
Pastinya bagi yang sudah membaca akan memiliki kesan tersendiri ya ... Kesan positif dari 4 (empat) buku yang terdiri dari judul :

  • Re-Design Your Thinking,
  • Let's Agile, 
  • Activation, 
  • Transformative Education.

Buku yang ditulis oleh Dwi Indra Purnomo bersama The Local Enablers (TLE) dan diterbitkan oleh Bitread Publishing pada tahun 2021 berisi rangkuman hasil riset dan kegiatannya yang sangat intens dalam pengembangan pembelajaran transformatif. Beliau juga terus berinovasi menularkan strategi-strategi pengembangan usaha dan penelitian di bidang agroindustri di Indonesia, bisnis halal, serta inisiasi komunitas. 

Dosen di Universitas Padjadjaran ini juga mengembangkan aplikasi penelitian yang efektif dan dapat diterapkan pada industri kecil dan menengah, serta meningkatkan komersialisasi hasil penelitian agar berdampak pada industri dan masyarakat.

Oya ... Penasaran gak apa itu TLE? Nah ... Pak Dwi melahirkan sebuah ekosistem inklusif yang dirancang sebagai model pengembangan kewirausahaan pemula berbasis kewirausahaan sosial. TLE dirancang sebagai poros kolaborasi para pemangku kepentingan "Penta Helix", yaitu melibatkan akademisi, pemerintahan, komunitas, bisnis, dan media.

Re-Design Your Thinking

Cara mendesain sistem berpikir kita adalah tema utama buku bersampul kuning terang ini. Buku dengan jumlah halaman 168 terdiri dari 26 sub-bab yang menarik dan sangat asyik dibaca. 

Memperbaiki cara berpikir menjadi hal yang esensial dalam mengembangkan kreativitas. Apalagi dalam perubahan yang sangat signifikan di era digital. Pastinya pada masa new normal, pasca pandemi, konstelasi bisnis dan kehidupan kesehatan sangat berubah. Menjadi kritis sekaligus kreatif sudah tidak dapat ditawar-tawar lagi ...

Kita patut menyeimbangkan kemampuan kritis dengan kemampuan memberi solusi. Jangan asal protes tapi tidak memberikan solusi. Nah ...  Apa yang menjadikan hal ini penting? Kemampuan kritis dan memberikan solusi akan menjadi kunci utama keberhasilan saat ini dan di masa mendatang. Pendekatan-pendekatan terkini dapat mengkonversi sudut pandang dari berbagai proses yang biasanya sulit menjadi lebih menantang dan mampu melahirkan semangat dalam menemukan solusi-solusi baru.

Tahapan-tahapan Design Thinking yang dilakukan berulang akan membuahkan kemampuan menggali fakta, data, dan wawasan baru hingga menyimpulkan hal yang tepat terkait permasalahan yang valid, dan solusi terbaik. Pendekatan ini bisa melahirkan kedekatan tim yang jauh lebih kompak, inklusif, kolaboratif, dan inovatif.

Let's Agile!

Kiat mempertajam mindset atau pola pikir adalah tema utama dalam buku bersampul orange cerah ini.  Jumlah halaman buku ini sebanyak 135 lembar dengan 21 sub-bab yang pastinya seru untuk dibaca. 

Adaptif, tangkas, dan cepat. Kata-kata tersebut sering menghantui kehidupan di era disruptif ini. Ingat! Kita tak mungkin terus terjebak di masa lalu. Belum lagi membawa cara berpikir lama yang selalu merujuk pada kesuksesan masa lalu. Padahal, saat ini dan ke depannya, semangat eksperimental menjadi salah satu variabel penting inovasi, bekal menang di masa depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun