Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... Dosen - bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Hikmah Bencana Gempa dan Ayat Al-Qur'an Tentang Litosfer

6 Desember 2022   10:29 Diperbarui: 6 Desember 2022   13:18 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gunung tampak diam, sesungguhnya dia bergerak seperti awan. Dokumen pribadi.

Dengan segenap hati dan turut berempati dengan musibah yang menimpa saudara kita di Cianjur, juga tempat lainnya di tanah air. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Semoga Allah Yang Maha Terpuji lagi Maha Pemberi Karunia memberikan kekuatan dan ketabahan. Semoga yang hilang akan digantikan dengan yang lebih baik, aamiin ... 

Berbagai bantuan (walau pastinya belum mencukupi) telah diupayakan untuk diberikan kepada saudara kita di lokasi bencana. Secara pribadi, salah satu hikmah dari adanya bencana seperti gempa bumi atau lainnya berupa tsunami, erupsi gunung berapi, angin puting beliung, adalah tergeraknya hati untuk tadabbur Al-Qur'an. 

Perintah Mencari Hikmah dari Gejala Alam

Sejatinya seorang muslim tentu meyakini bahwa kitab suci Al-Qur'an senantiasa relevan untuk dibaca dalam segala konteks waktu dan tempat. Namun, nyatanya dalam praktik dalam kehidupan sehari-hari, meyakini hal tersebut bukanlah persoalan sederhana. Membaca, dalam arti memaknai pesan sebuah teks, selalu melibatkan penafsiran. Apalagi teks sekaliber Al-Qur'an tentunya menghasilkan beragam tafsiran.

Al-Qur'an tidak hanya berisi pesan sosial-politik-kemasyarakatan, tetapi juga kaya dengan ayat-ayat yang membicarakan alam semesta. Ayat kauniah juga terhampar dan terpampang jelas di hadapan kita, mulai dari makrokosmos hingga mikrokosmos. Kurangnya penafsiran mengenai isyarat-isyarat alam ini telah mempersulit banyak saintis da teknologiawan Muslim untuk memaknai kitab sucinya sendiri. Terlebih untuk mengajarkan dan menyebarluaskan pesan-pesannya bagi masyarakat luas.

 Allah Yang Maha Kuasa lagi Maha Perkasi telah berfirman di dalam Al-Qur'an dengan beragam ayat yang mendorong dan menggalakkan sikap ilmiah secara konsisten. Kita tahu bahwa Al-Qur'an memerintahkan untuk membaca, menulis, mengamati, meneliti, mengobservasi, dan menyingkap kebenaran yang tergelar dalam ayat-ayat kauniah. Isyarat-isyarat ilmiah dalam ayat-ayat Al-Qur'an hendaknya menjadikannya sebagai hudan (petunjuk), furqan (pembeda), dan marja' (rujukan kebenaran) sepanjang jaman. 

Hikmah dari berbagai gejala alam dapat kita petik dan menambah keimanan kepada Ilahi Rabbi.

Berita Besar Tentang Alam

Sebagaimana pengetahuan terkini telah menemukan bahwa pergerakan litosfer bukan pergerakan horizontal yang kaku, melainkan pergerakan yang berayun-ayun atau mahd. Gerakan berayun-ayun ini membentuk struktur antiklinal dan sinklinal yang di permukaan bumi tampak sebagai gunung dan lembah. Terjadinya kenampakan bumi berupa gunung dan lembah itu sangat perlahan berdasarkan 'juklak' (petunjuk pelaksanaan) Allah Yang Maha Besar lagi Maha Agung agar manusia tidak merasakannya.

Hal tersebut membuat banyak orang, bahkan tidak percaya bahwa gunung dan pulau (yang seakan-akan diam) sesungguhnya bergerak sebagaimana awan. 

Al-Qur'an petunjuk kehidupan. Dokumen pribadi.
Al-Qur'an petunjuk kehidupan. Dokumen pribadi.

Di dalam surah An.Naml 27 : 88 disebutkan : "Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap ditempatnya, padahal ia berjalan seperti jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kukuh tiap-tiap sesuatu. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun