Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mengenal Allah Lewat Ayat-ayat Kauniah

20 November 2020   12:25 Diperbarui: 20 November 2020   16:27 66 14 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Allah Lewat Ayat-ayat Kauniah
Petualangan seru di kaki gunung Merapi Agustus 2014 (Dokpri)

Sepekan terakhir kabar dari BMKG terkait aktivitas gunung Merapi yang semakin meningkat. Gelombang seismik gunung setinggi 2.968 m.dpl sangat dinamis. Status pun meningkat dari waspada ke siaga. Subhanallah.

Fenomena alam apapun yang terjadi, tentu atas kehendak Allah Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana. Sebagai hamba-Nya, aku berusaha untuk mengenal Illahi Rabbi Yang Maha Menciptakan lagi Maha Teliti. Berjalanlah di muka bumi! Perhatikanlah apa yang terjadi! 

Aku berpetualang di kaki gunung Merapi pada tahun 2015. Aku dan keluarga menginap di sebuah hotel di Cangkringan. Menuju lokasi bekas aliran lahar dan lava letusan gunung Merapi mengendari mobil Jeep.

Sembari melihat sekeliling, hamparan pasir dan bebatuan berlatar gagah dan kokohnya gunung yang berada di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini, aku teringat firman Allah yang berbunyi : 'Segala puji bagi bagi Allah, Tuhan (pemilik) langit dan bumi. Tuhan seluruh alam. Dan hanya bagi-Nya segala keagungan di langit dan di bumi, dan Dialah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana' (QS. Al Jasiyah 45 : 36 - 37).

Menikmati sejuknya Selo Merapi Agustus 2018 (Dokpri) 
Menikmati sejuknya Selo Merapi Agustus 2018 (Dokpri) 

Selain peristiwa letusan gunung berapi. Ada banyak tanda-tanda kekuasaan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Mulia. Pertanyaan di dalam Al Quran terkait segala hasil penciptaan-Nya adalah agar kita tidak mendustakan kebenaran dan untuk menjadi pelajaran serta pengingat bahwa setiap hamba akan kembali kepada-Nya. 

Tracking asyik di kaki gunung Gede Desember 2018 (Dokpri) 
Tracking asyik di kaki gunung Gede Desember 2018 (Dokpri) 

Mengajak anak menjelajah atau tracking di alam terbuka dapat meningkatkan kecerdasan natural sekaligus spiritual. Teteh Maryam Aliyya Al kindi juga aku perkenalkan dengan ayat-ayat kauniah agar semakin dekat dengan pencipta-Nya. 'Maka tidakkah mereka memperhatikan langit yang ada di atas mereka, bagaimana cara Kami membangunya dan menghiasinya, dan tidak terdapat retak-retak sedikit pun ?. Dan bumi yang Kami hamparkan dan Kami pancangkan di atasnya gunung-gunung yang kokoh, dan Kami tumbuhkan di atasnya tanam-tanaman yang indah', (QS. Qaf 50 : 6 - 7).

Teteh mempelajari bahwa nasi yang dimakan berasal dari tanaman padi (Dokpri) 
Teteh mempelajari bahwa nasi yang dimakan berasal dari tanaman padi (Dokpri) 

Sesungguhnya semakin kita mengenal ciptaan Allah Yang Maha Kaya lagi Maha Terpuji akan meningkatkan keimanan. Teteh waktu masih sekolah TK pernah bertanya : 'Nasi siapa yang buat ?', He3 ... Orangtua kadang menjawab, 'Ibu yang buat nasi ini (maksudnya memasak nasi)'. Namun ... Alangkah bijak bila orangtua menjawab, 'Nasi berasal dari padi yang ditanam petani di sawah. Nah ... Allah yang menciptakan tanaman padi, menumbuhkannya, memberinya air hujan agar subur'.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x