Mohon tunggu...
Dewi Kusrini
Dewi Kusrini Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Departemen Pendidikan Bahasa Jepang UPI

Hobi hiking Berwisata Nonton dorama Jepang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengenal Model-Model Pengajaran Bahasa Jepang pada Moda Daring dan Luring

29 September 2022   04:42 Diperbarui: 29 September 2022   04:45 180 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengabdian kepada Masyarakat Departemen Pendidikan Bahasa Jepang (DPBJ) UPIuntuk Guru Bahasa Jepang di Indonesia 2022

DPBJ menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang kali ini mengambil tema “Eksplorasi Model-Model Pembelajaran Daring dan Luring”, dan dilaksanakan berseri sebanyak dua kali. 

Pada sesi ke-1 tanggal 20 Agustus 2022 para pemateri terdiri dari Dra. Renariah,M.Hum dengan sajian tentang model pembelajaran kanji, Dr. Susi Widianti, M.Pd,MA menyajikan pembelajaran budaya, Nuria Haristiani,M.Ed,Ph.D menyajikan pembelajaran dengan metode PBL, dan Dewi Kusrini,M.Ed,MA menyajikan pembelajaran dengan PJBL. Pada sesi ke-1 ini dihadiri oleh Dekan FPBS Prof.Dr.Tri Indri Hardini,M.Pd yang membuka acara. Dihadiri sekitar 80 orang peserta dari kalangan guru SMA dan sederjat yang berasal dari seluruh propinsi di Indonesia.

Kegiatan sesi ke-2 dilaksanakan pada tanggal 24 September 2022 dengan para pemateri terdiri dari Dra. Melia Dewi Judiasri,M.Hum, M,Pd menyajikan pembelajaran Yougen Jepang dasar, Prof.Dr. Dedi Sutedi,M.Ed, MA menyajikan konsep linguistic kognitif, Novia Hayati,M.Ed, Ph.D yang menyajikan pembelajaran dengan CBL, dan Dewi Kusrini,M.Ed,M.A dengan menyajikan pembelajaran JLPT N5 dengan PJBL. Di sesi ke-2 peserta yang hadir berkisar 122 orang dari berbagai wilayah. 

Di kedua sasi kegiatan ini, seluruh peserta sangat berantusias menyimak dan merespon pemaparan materi dengan pertanyaan-pertanyaan. Peserta berharap di kesempatan yang akan dating akan diselenggarakan kembali webinar dengan tema-tema yang lebih menarik dan tepat untuk pembelajaran Bahasa Jepang di sekolah menengah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan