Mohon tunggu...
dewi anggraini
dewi anggraini Mohon Tunggu... Ibu dan Pembelajar

Menebarkan kebaikan untuk mendapatkan banyak kebaikan pula. Bahagia itu pilihan dan bahagia harus dicari.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

5 Tips agar Anak Gemar Sains

14 April 2021   10:22 Diperbarui: 14 April 2021   11:53 82 2 0 Mohon Tunggu...

Sains adalah salah satu materi pelajaran yang dekat dengan keseharian kita. Mempelajari sains secara tidak langsung akan banyak membuka rahasia tentang gejala-gejala alam yang terjadi di sekeliling kita.

Sebagai salah satu pelajaran yang wajib diajarkan di sekolah, sains membuat siswa harus lebih mendalaminya. Berbagai teknik atau metode pembelajaran dilakukan, dari dataran teori maupun praktik, sehingga semakin memudahkan siswa dalam memahami sains.

Tantangannya kemudian adalah bagaimana membawa nuansa sains itu ke rumah. Hal ini sebagai upaya kesenimbangun dengan upaya yang dilakukan di sekolah. Dengan bersinerginya antara upaya yang dilakukan di sekolah dan di rumah, anak akan semakin gemar sains dan goal-nya adalah anak bisa mengaktualisasikan ilmu di dalam sains itu dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai orang tua, memotivasi anak gemar akan sains merupakan suatu tantangan tersendiri juga. Berikut tips-tips sederhana agar anak gemar sains.

1. Ajak Anak Sering Melakukan Eksperimen Sains

Mengajak anak untuk melakukan eksperimen sains akan membuat mereka menjadi lebih tertantang. Mereka bisa mengamati secara langsung perubahan-perubahan yang terjadi, baik secara fisik maupun kimia.

Memulai eksperimen bisa dilakukan dari yang paling sederhana hingga kompleks. Misalnya, eksperimen balon ajaib yakni membuat balon dapat mengembang tanpa harus ditiup dengan hanya bantuan soda kue dan cairan cuka. Sambil mengamati reaksi dan perubahan yang terjadi, orang tua bisa menjelaskan prinsip kerja dan dasar penyebab perubahan itu terjadi. Sumber eksperimen bisa kita temukan dari buku-buku sains dan juga video-video sains yang ada di internet.

2. Buat Vlog dengan Konten Sains

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini  merupakan eranya digital. Zaman orang sedang gencar-gencarnya membuat konten yang divlogkan.

"Nah, untuk makin membangkitkan semangat anak, tidak ada salahnya mencoba membuat vlog bersama yang isinya tentang eksperimen sains." Libatkan anak di dalamnya, mulai dari persiapan, melakukan percobaan, editing video, sampai membagikannya dalam bentuk vlog di YouTube."  Dengan kegiatan ini diharapkan anak akan makin termotivasi dan ikut andil dalam berbagi pesan kebaikan ke orang lain.

3. Fasilitasi Anak dengan Literasi Sains

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN