Mohon tunggu...
Dewi Andriani
Dewi Andriani Mohon Tunggu... Guru - Guru Pendidikan Bahasa Inggris

Saya adalah penulis bersemangat dengan minat mendalam pada kreativitas pada pendidikan dan pembelajaran didalam kehidupan sebagai insan tuhan pada kehidupan. Dengan latar belakang pendidikan dibidang ilmu kependidikan bahasa Inggris saya berharap bisa berbagi artikel yang informatif dan aspiratif bagi pembaca.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hasil Analisis Assesmen dalam Pembelajaran pada PPL PPG

2 Februari 2024   21:30 Diperbarui: 2 Februari 2024   21:40 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

       Penilaian dapat berupa Assessment for Learning, Assessment as Learning, atau Assessment of Learning menurut  (Suryana, I. K., & Setawan, A). 2019. Yang pertama adalah penilaianAssessment for Learning : Penilaian for Learning adalah pendekatan dimana penilaian digunakan untuk memandu pembelajaran selama proses pembelajaran berlangsung.Tujuannya adalah untuk memberikan umpan balik formatif kepada siswa agar mereka dapat memahami di mana mereka berada dalam proses pembelajaran dan bagaimana mereka dapat meningkatkan pemahaman mereka. Guru dapat menggunakan informasi dari penilaian ini untuk mengatur instruksi secara lebih efektif.

       Yang kedua adalah penilaian pada Assessment as Learning : Assessment as Learning adalah pendekatan di mana siswa secara aktif terlibat dalam proses penilaian mereka sendiri. Mereka mengambil peran dalam merencanakan, memantau, dan merefleksikan pembelajaran mereka. Ini memungkinkan siswa untuk menjadi lebih mandiri dan memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang materi pelajaran.

       Berikutnya adalah penilaian pada Assessment of Learning : Assessment of Learning adalah pendekatan yang paling umum, diaman penilaian yang digunakan untuk mengevaluasi hasil akhir atau pencapaian siswa setelah pembelajaran selesai. Ini termasuk ujian, tugas akhir. proyek, dan penilaian lain yang digunakan untuk menentukan sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

       Dari pengalaman ku di PPG pada pertemuan yang pertama pembelajaran ini saya melakukan penilaian for learning. Dimana penilaian dilakukan sejak pemutaran video iklan dan slide gambar pada awal pembelajaran di pertemuan pertama pembelajaran yang di pakai pada proses pembelajaran ini yang bertujuan untuk mengarahkan dan memberi pendekatan kepada siswa terhadap materi Advertisement yang kemudian digunakan sebagai acuan pemberian materi lanjutan dari pengetahuan dasar siswa pada lanjutan materi yang telah disediakan guru pada pembelajaran di hari itu dimana saa telah mulai menilai kemampuan dasar siswa sbelum diberi materi pembelajaran.

       Berikutnya adalah penilaian pada pertemuan pertama juga dimana  saya juga melakukan penilaian as learning  yaitu penilaian ketika siswa  diarahkan untuk memetukan projek dengan objek apa yang akan dijadikan iklan serta menentukan langkah apa yang akan siswa lakukan pada projek pembuatan iklan berbentuk poster dan video di pertemuan selanjutnya serya mempresentasikan pa langkah yang akan mereka lakukan dipertemuan berikutnya untuk membuat projek mereka dan disini saya menilai seperti apa rencana yang telah disusun siswa untuk mengerjakan projeknya dana pa saja bahan yang akan disiapkan, Disini yang ditingkatkan adalah kemampuan litrasi siswa tentang hal- hal terkait yang mampu menunjang pembuatan projek siswa ini sekaligus meningkakan high order thinking pada  siswa tersebut. .

       Pada proses pembuatan video PPL siklus dua Pada pertemuan ke dua dalam materi "Advertisement" pada hari selasa 23 Januari 2024 pukul 13.00 WIB saya melakukan penilaian for learning  untuk melihat kesiapan siswa pada projeknya dan saya juga melakukan penilaian as learning yang mencakup penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

       Pada penilaian yang pertama yaitu Penilaian pengetahuan dengan menggunakan Pretes (diawal pembelajaran) dengan menggunakan pertanyaan singkat  secara lisan mengenai pengetahuan dasar yang dimiliki siswa terkait  Advertisement dan menilai pengetahuan siswa mengenai kemampuan menganalisis fungsi social advertisement, menganalisis struktur teks dan menganalisa ciri kebahasaannya. Dan jenis -- jens iklan. Saya juga menilai pada post test ini yaitu kinerja siswa siswa dalam kelompok dan mandiri untuk menilai sejauh mana tercapainya tujuan capaian pembelajaran yang diraih siswa pada proses penyusunan rencana projek pembuatan iklan dalam bentuk poster dan video iklan. Siswa juga dinilai dari kemampuannya dalam penentuan bahan dan alat yang akan di pakai pada pembuatan projek poster iklan dan video iklan melalui media canva dan capcut.

       Pada Penilaian yang ke dua yaitu penilaian keterampilan dengan menggunakan rubrik dalam bentuk lembar observasi yang menilai keterampilan siswa dalam proses pembuatan iklan dalam bentuk poster iklan dan video iklan menggunakan objek yang telah di siapakan sesuai rencana pada pertemuaannya sebelum nya dan menilai keterampilan siswa dan membuat desain poster dan editing teks poster. Kemudian peneilaianan pada keterampilan siswa pada proses editing  video iklan, teks terkaiat baik teks lisan maupun tulisan dengan kolabirasi bersama teman kelompok yang bertujuan pada promosi barang/ objek lalu mendisikusikan hasil nya dengan guru untuk dipublikasikan pada web sekolah. Baru setelah itu mempersentasikan hasik kerja kelompok dengan kawan dikelas.  Sementara itu saya melakukan penilaian dilembar observasi penilaian yang telah disiapkan.

       Penilaian sikap yang telah disiapkan yang menilai upaya kolaborasi atau  kerjasama,komunikasi yang terjadi dalam diskusi dan berpendapat,keaktifan siswa dalam pemecahan masalah kelompok yang berbentuk tugas serta tanggung jawab masing -- masing siswa terhadap kelompok dalam proses belajar memecahkan masalah secara bersama-sama yang mana hasil nya akan direkam dengan menggunakan instrument berupa rubrik penilaian sikap yang diisikan pada saat pembelajaran berlangsung.

        Pada pertemuan ini penilaian assessment of learning yang dilakukan adalah dengan pengambilan nilai yang berdasarkan pada hasil projek siswa yang telah diunggah pada web sekolah. Hasil perolehan penilaian pada kegiatan pembelajaran advertisement di PPL siklus dua. Berdasarkan hasil post test peserta didik pada materi Advertisement yang diambil dari rubric pengetahuan adalah terdapat 5 orang siswa meraih nilai 100, 10 orang siswa meraih nilai 91,66 dan 5 orang siswa meraih nilai 83,33. Hasil post test peserta didik pada materi Advertisement yang diambil dari rubrik keterampilan adalah terdata 5 orang siswa meraih nilai 100, dan 15 orang siswa meraih nilai 93,75. Dan hasil post test peserta didik pada materi Advertisement yang diambil dari rubric sikap adalah sebanyak 10 siswa meraih penilaian 100, 5 siswa memdapat nilai 87,55 dan 5 siswa lainnya mendapat nilai 93,7. Adapun manfaat yang didapat siswa dalam meningkatkan kemampuan siswa baik pada peningkatan kemampuan siswa pada kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa pada materi advertisement dan literasi siswa pada informasi yang terkandung di dalam iklan atau pada proses pengembangan kemampuan siswa menghasilkan sebuah produk iklan berupa poster dan video iklan.

       Kemudian hasil yang diperoleh dari kegiatan penilaian pada proses pembelajaran dapat disimpulkan bahwa melalui proses pembelajaran dengan model belajar PjBL dan menggunakan media pembelajaran canva dan capcut  dapat meningkatkan motivasi peserta didik untuk aktif dalam mencapai tujuan pembelajaran dan mampu meningkatkan kemampuan literasi siswa pada materi advertisement dan mampu juga meningkatkan nilai siswa baik pada pengetahuan,keterampilan dan sikap siswa pada materi advertisement.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun