Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan TI - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Ketika Weezer Menyanyikan Anak Sekolah

18 November 2022   14:14 Diperbarui: 18 November 2022   14:20 456
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tembang Chrisye berjudul Anak Sekolah ini dulu sangat beken (sumber gambar: Indolawas.blogspot.com) 


Kabar Weezer menjadi salah satu pengisi festival musik beken Soundrenaline menjadi salah satu magnet pecinta musik di Indonesia. Weezer pun beberapa hari lalu memberikan kejutan dengan melakukan cover lagu beken Chrisye, Anak Sekolah. Wah seperti apa tembang Anak Sekolah di tangan Rivers Cuomo dkk ini?

Weezer, band asal Los Angeles ini memang masih eksis dan populer. Di Indonesia, fansnya juga lumayan banyak. Tembang hitsnya seperti Say It Ain't So, Island in the Sun, dan Hash Pipe.

Belakangan ini band yang digawangi Rivers Cuomo, Brian Bell, Patrick Wilson, dan Scott Shriner ini rajin melakukan cover lagu-lagu beken dari musisi lainnya. Di antaranya Africa-nya Toto, Enter Sandman-nya Metallica, dan Take on Me-nya A-ha. Kali ini giliran tembang musisi Indonesia legendaris, Chrisye.

Weezer resmi bakal datang dan mengisi Soundrenaline (sumber gambar: Okezone) 
Weezer resmi bakal datang dan mengisi Soundrenaline (sumber gambar: Okezone) 


Lagu Anak Sekolah sendiri dipopulerkan Chrisye pada tahun 1986. Tembang ciptaan Oddie Agam ini masuk dalam album Nona Lisa yang dirilis tahun 1987.

Lagu dengan irama ceria dan musik yang dinamis ini langsung menjadi hits. Banyak radio yang memutarnya. Irama yang riang dan lirik yang khas remaja membuat lagu ini juga disukai kalangan muda. Hingga saat ini lagu ini masih populer dan banyak didaur ulang.

Engkau masih anak sekolah, satu SMA
Belum tepat waktu 'tuk begitu-begini
Anak sekolah datang kembali
Dua atau tiga tahun lagi


Di tangan Weezer, lagu Anak Sekolah tak banyak modifikasi. Musiknya juga masih seperti pakem lagu aslinya, hanya ada ornamen di sana-sini sehingga musiknya lebih kaya dan lebih segar. Sentuhan Weezer dari permainan gitar dan gebukan drum juga ditambahkan. Ada tambahan solo gitar Brian Bell. Oh iya juga ada permainan piano di bagian awal lagu sehingga unsur 80-an makin kental.

Patut diapresiasi usaha Rivers Cuomo, si vokalis, membawakan lagu dengan bahasa Indonesia. Pengucapan dan artikulasinya cukup baik dan jelas. Kalian bisa mendengarnya di akun Weezer Extras di YouTube. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun