Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Sisi Lain Sopo dan Bang Jarwo dalam "Adit Sopo Jarwo The Movie"

17 Mei 2021   13:29 Diperbarui: 17 Mei 2021   14:18 1840 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sisi Lain Sopo dan Bang Jarwo dalam "Adit Sopo Jarwo The Movie"
Di prekuelnya ini penonton dapat gambaran pertemuan pertama Adit dengan Sopo dan Bang Jarwo (sumber: Dailysia/Disney Hotstar)

Film serial animasi "Adit Sopo Jarwo" yang rilis sejak tahun 2014 banyak dipuji. Gambar animasinya detail, halus, dan memiliki ciri khas, meski desain karakternya agak klise. Lantas bagaimana dengan "Adit Sopo Jarwo The Movie"? Apakah animasi berdurasi panjang ini berhasil memikat?

Film "Adit Sopo Jarwo The Movie" ini tayang di Disney Plus Hotstar sejak 30 April silam. Film ini merupakan prekuel, menceritakan pertemuan kali pertama antara Adit dengan Sopo dan Jarwo. Adiknya pun belum lahir.

Diceritakan dalam film ini Adit dan kedua orang tuanya akan berlibur ke Yogyakarta. Ibunya sedang hamil. Usia kandungannya sudah tujuh bulan.

Ketika naik kereta, ibunya mengeluh perutnya mulas. Ia meminta ayahnya mengambilkan biskuit. Tapi rupanya ayahnya lupa menaruhnya. Adit pun kemudian berinisiatif membelinya. Kebetulan kereta berhenti agak lama di Stasiun Cirebon.

Sayangnya Adit harus menunggu uang kembalian. Ayahnya juga tidak sadar Adit masih belum kembali ke kereta, ia mengira Adit di toilet, ketika istrinya memintanya mencarinya. Adit pun ketinggalan kereta.

Ketika Adit duduk lemas, Sopo, porter stasiun menghampirinya. Ia kasihan kepada Adit. Namun ia salah mengartikan maksud Adit, malah membawanya ke tempat makan gudeg Yogya. Lalu keduanya bertemu bang Jarwo yang diturunkan dari kereta karena kedapatan naik kereta tanpa tiket.

Ketiganya bertualang bersama (sumber: Kontan/Disney Hotstar)
Ketiganya bertualang bersama (sumber: Kontan/Disney Hotstar)

Bang Jarwo melihat Adit sebagai mangsa untuk mendapatkan uang. Adit lalu menjanjikan hadiah uang bila bang Jarwo mengantarkannya ke Yogya. Sopo yang belum pernah ke Yogya pun ikut serta. Ketiganya kemudian bertualang,  menjumpai berbagai peristiwa yang mendebarkan.

Sebuah Sisi Lain dari Bang Jarwo dan Sopo
Bagian ini ada spoiler-nya, namun kuusahakan tidak banyak.

Dalam film serial animasinya, karakter-karakter dalam "Adit Sopo Jarwo" ditampilkan agak hitam putih. Sosok Adit, keluarganya, dan beberapa tetangganya digambarkan sebagai sosok yang baik dan ideal. Sementara Sopo dan Jarwo sebagai duo yang suka berbuat keonaran di kampung mereka. Meski kemudian karakter Jarwo mulai berkembang lebih baik, keduanya tetap banyak menemui kesialan.

Lewat film panjang ini yang merupakan prekuel, penonton mendapatkan gambaran sisi lain dari Sopo dan bang Jarwo yang mungkin belum banyak diketahui.

Rupanya Sopo adalah porter di stasiun atau petugas yang membantu mengangkat barang milik penumpang. Ia memang agak lamban berpikir, namun ia sosok yang polos dan baik hati. Kampungnya di Brebes. Di sana masih ada ibunya, sedangkan ayahnya sudah meninggal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x