Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Tarian Lengger Maut", Kisah Misteri Berbalut Unsur Lokal dan Tradisi yang Kental

7 Mei 2021   17:17 Diperbarui: 8 Mei 2021   01:15 932 17 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Tarian Lengger Maut", Kisah Misteri Berbalut Unsur Lokal dan Tradisi yang Kental
Ada apakah dengan Tari Lengger tersebut? (Dok. Aenigma Picture)

"Jangan biarkan dia jatuh hati dengan detakmu"

Tagline film "Tarian Lengger Maut" yang awalnya berjudul "Detak", membuatku penasaran. Ada keterkaitan apakah antara detak, maut, dan Tari Lengger?

Jawaban itu kuterima setelah menyaksikan film ini lebih awal pada Gala Premiere "Tarian Lengger Maut" yang diadakan 30 April 2021 di XXI Plaza Senayan. Seluruh undangan mengikuti protokol kesehatan dengan ketat, tetap mengenakan masker selama acara dan jaga jarak.

Penonton di awal film diajak menjelajah Desa Pageralas yang terletak di kaki Gunung Slamet, di daerah Banyumas. Di sebuah pasar kecil, ada sosok Sukma (Della Dartyan) yang sedang berbelanja di antara pengunjung lainnya.

Kehadirannya menarik perhatian penjual dan pembeli lainnya. Pasalnya ia adalah calon penari Lengger di desa tersebut. Konon keberadaan penari Lengger di sebuah desa akan memberikan berkah dan perlindungan bagi si penari dan desa tersebut.

Ia dokter baru di desa tersebut (dok. Aenigma Pictures)
Ia dokter baru di desa tersebut (dok. Aenigma Pictures)
Sementara itu, desa tersebut juga kedatangan dokter baru. Ia adalah dokter Jati (Refal Hady). Dokter itu tampan dan begitu sopan. Warga desa nampak menghormatinya

Dokter Jati terpesona menyaksikan tarian Sukma. Ia mendengar detak ketika menonton tariannya.

Sementara itu warga desa mulai resah. Beberapa warga menghilang tanpa jejak, membuat mereka cemas. Sebenarnya apa yang sedang terjadi di desa tersebut? Apa ada hubungan antara detak, kasus warga yang raib, dan Tari Lengger tersebut?

Sebuah Film Horor-Thriller yang Kental dengan Nuansa Lokal

Aku tersenyum mendengar logat para pemain dalam film. Logat ngapak-ngapak yang kental. Daerah Banyumas memang terbilang tak jauh dari Tegal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x