Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ketika Anak Bertanya tentang Ibadah Ramadan

2 Mei 2021   20:26 Diperbarui: 2 Mei 2021   20:31 332 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Anak Bertanya tentang Ibadah Ramadan
Anak-anak perlu dilatih berpuasa sejak kecil (sumber gambar- Surya - Tribunnews.com)

Aku teringat dengan lagu lawas milik Bimbo yang memiliki lirik yang terpatri di hati.

"Ada anak bertanya pada bapaknya, buat apa berlapar-lapar puasa?"
"Ada anak bertanya pada bapaknya, tadarus tarawih apalah gunanya?"

Lirik tembang ini menurutku pas untuk menjawab rasa ingin tahu anak tentang makna dari ibadah selama bulan suci Ramadan. Mengapa sih harus puasa seharian, kenapa perlu ikut sholat tarawih, dan tadarusan?

Orang tua yang kesulitan menemukan jawaban dari pertanyaan si anak tentang keutamaan beribadah di bulan Ramadan, bisa meniru jawaban Bimbo lewat bait berikutnya dalam lagu ini.

Oh iya judul lagunya adalah "Ada Anak Bertanya pada Bapaknya" yang masuk dalam album Qasidah tahun 2007. Lagu ini juga pernah didaur ulang oleh band Gigi dalam salah satu album religinya.

Berikut contekan jawaban dari lirik lagu Bimbo.

"Lapar mengajarmu rendah hati selalu. Tadarus artinya memahami kitab suci. (Sedangkan) tarawih mendekatkan diri pada Ilahi."

Dalam lirik berikutnya, Bimbo menyampaikan keutamaan bulan suci Ramadan. Si Bapak bercerita bahwa bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh pengampunan, nafsu angkara terbelenggu, dan pahala berlipat bagi yang ikhlas bersedekah.

Aku sendiri belum memiliki keturunan. Jadinya belum bisa memberikan tips yang jitu tentang mengajarkan ibadah di bulan Ramadan kepada anak. Aku hanya memerhatikan dari cara kakak atau teman-teman yang telah memiliki putra dan putri, dari cara orang tuaku mengajarkanku ketika kami masih kecil, dan juga menyarikan dari beberapa artikel yang kubaca.

Memberikan penjelasan kepada anak tentang ibadah di bulan Ramadan adalah salah satu cara mengajarkan ibadah di bulan Ramadan. Akan lebih baik lagi bila penjelasannya disampaikan dengan bahasa yang sederhana.

Misalnya, puasa itu berarti tidak makan dan tidak minum hingga adzan Maghrib tiba. Saat berpuasa itu sebaiknya jangan marah-marah dan sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x