Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Kemenangan Besar "Nomadland" dalam Oscar 2021

26 April 2021   11:47 Diperbarui: 26 April 2021   12:06 159 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kemenangan Besar "Nomadland" dalam Oscar 2021
Terharu "Nomadland" jadi film terbaik Oscar (sumber gambar: abcnews.go.com)

Ketika nama Frances McDormand diumumkan sebagai pemenang kategori aktris terbaik, maka ini berarti "Nomadland" mendapatkan kemenangan besar pada ajang Oscar 2021. Film ini berhasil meraih tiga piala dari total enam nominasi Oscar. Tiga piala tersebut merupakan kategori utama, yakni kategori aktris terbaik, sutradara terbaik, dan aktris terbaik.

Frances McDormand berhasil mengungguli keempat aktris lainnya yang juga memiliki kualitas akting yang apik. Mereka adalah Viola Davis, Andra Day, Vannesa Kirby, dan Carey Mulligan.

Ini adalah piala Oscar ketiga Frances sebagai aktris terbaik dari enam nominasi Oscar yang diraihnya untuk kategori akting. Ia meraih Oscar pertamanya pada tahun 1997 atas perannya di film "Fargo", disusul tahun 2018  di film "Three Billboards Outside Ebbing, Missouri". Sebuah prestasi yang luar biasa.

Ia melampaui prestasi yang dicatat oleh Meryl Streep dan Ingrid Bergmann, dimana keduanya sama-sama meraih tiga Oscar untuk kategori aktris terbaik (2) dan aktris pendukung terbaik (1).

Chloe Zhao sendiri tak kalah membanggakan. Setelah berhasil meraih piala Golden Globe, ia juga berhasil mengalahkan rivalnya di ajang Oscar yaitu Thomas Vintenberg, Lee Isac Chung, dan Emerald Fennell, dan David Fincher. Sosok Chloe Zhao sudah pernah saya tulis di artikel berikut (Chloe Zhao segelintir perempuan yang raih piala Golden Globe ).

Ini dia Chloe Zhao, sutradata terbaik Oscar 2021 (sumber gambar: CNN)
Ini dia Chloe Zhao, sutradata terbaik Oscar 2021 (sumber gambar: CNN)
Chloe menjadi sutradara perempuan kedua yang berhasil meraih Oscar. Sutradara perempuan pertama yang meraihnya adalah Kathryn Bigelow lewat film "Hurt Locker". Chloe juga menjadi sutradara perempuan Asia pertama yang berhasil meraih Oscar.

Chloe Zhao dan Frances keduanya sama-sama menjadi produser film "Nomadland", bersama Dan Javey, Mollye Asher, dan Peter Spears. Film yang dianugerahi film terbaik Oscar 2021 ini berkisah tentang perempuan paruh baya bernama Fern yang memutuskan hidup nomaden. Ia mengalami masa sulit, suaminya meninggal dan ia kehilangan pekerjaan. Awalnya ia memutuskan hidup nomaden karena terpaksa, tapi kemudian ia menyukainya.

Film ini direncanakan tayang di Disney Plus Hotstar mulai 30 April mendatang.

Isu Keberagaman dan Penyelenggaraan Oscar yang Sederhana
Penyelenggaraan Oscar 2021 ini nampak sederhana apabila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jumlah tamu undangannya terbatas, hanya sekitar 170 orang. Sebagian dari mereka duduk di meja bundar, sebagian lainnya duduk di kursi tribun. Lokasi utama penyelenggaraan Oscar 2021 di Union Station, Los Angeles.

Red carpet masih disediakan meski ukurannya lebih kecil. Banyak tamu undangan yang mengenakan gaun yang spektakuler. Amanda Seyfried, Halle Berry, dan Zendaya adalah nama-nama tamu undangan pembaca nominasi yang gaunnya menarik perhatian.

Lokasi penyelenggaraan Oscar 2021 (sumber gambar: Twitter.com/TheAcademy)
Lokasi penyelenggaraan Oscar 2021 (sumber gambar: Twitter.com/TheAcademy)
Berbeda dengan penyelenggaraan Golden Globe Awards 2021 yang para nominasinya sebagian besar berada di rumah masing-masing, di Oscar sebagian besar hadir secara fisik di lokasi penyelenggaraan. Ada yang tetap mengenakan masker di dalam ruangan selama acara, tapi ada pula yang melepasnya dan mengenakannya kembali saat jeda iklan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x