Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Animasi Pendek Bernuansa Sedih dalam "If Anything Happens I Love You"

13 April 2021   14:46 Diperbarui: 13 April 2021   15:03 65 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Animasi Pendek Bernuansa Sedih dalam "If Anything Happens I Love You"
Mereka nampak sedih karena begitu kehilangan (sumber gambar: Netflix.com)

Animasi  berjudul "If Anything Happens I Love You" berhasil masuk nominasi Oscar 2021 lewat kategori "Short Film (Animated). Film ini menggunakan coretan yang relatif sederhana, bercerita tentang sebuah peristiwa yang menghancurkan perasaan pasangan suami istri.

Lewat animasi berdurasi 12 menit, Will McCormac dan Michael Govier menunjukkan makna kehadiran seorang anak bagi sebuah keluarga. Ketika ia pergi, maka hidup jadi terasa begitu berbeda.

Dalam adegan awal nampak pasangan suami istri yang makan dalam posisi berjauhan. Kepala mereka tertunduk lesu, nampak tak antusias melahap makanannya. Bunga di vas juga layu.

Mereka tak saling berbicara. Namun, ada bayangan hitam di antara mereka yang nampaknya bertengkar hebat. Bayangan tersebut menunjukkan emosi nyata tiap pribadi. Ia terus mengikuti aktivitas masing-masing.

Adegan beralih ke si istri yang membawa setumpuk pakaian di dalam keranjang ditemani kucingnya. Ia menuju lantai atas dan melihat pintu kamar si anak terbuka. Wajahnya masih muram. Ia menutup rapat pintu tersebut.

Lalu ada adegan ia memandangi sebuah baju milik anak tersebut. Sebuah benda meluncur, membuatnya menuju ke dalam kamar si anak. Di sana ia duduk sambil masih memegang baju tersebut.

Ia teringat sesuatu. Kejadian buruk yang membawa pergi anak tercinta, sekaligus kenangan indah bersamanya.

Dari sini adegan yang sebelumnya didominasi warna hitam putih menjadi adegan yang sebagian berwarna dengan ditemani musik di bawah kendali Lindsay Marcus dan ditampilkan oleh Inner-City Youth Orchestra. Apa yang terjadi pada si anak sehingga mereka begitu berduka?

Cerita Tentang Duka Kehilangan
Ini adalah sebuah animasi tentang menyelami rasa duka. Ada kalanya seseorang sulit menyampaikan rasa sedihnya dan menyimpannya dalam hati seorang diri. Kesedihan berlarut itu memancarkan energi negatif yang menyerap energi kehidupannya. Bak tanaman yang layu secara perlahan-lahan.

Dalam animasi ini ditunjukkan cerita tentang kejadian yang menimpa si anak. Sebuah peristiwa kelam yang beberapa kali menimpa anak-anak di sekolah.

Film animasi ini juga menyuarakan betapa penting keamanan di sekolah. Ada akar masalah apa sebenarnya sehingga peristiwa semacam itu terjadi lagi dan lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x