Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Kelinci Oh Kelinci, Ada Apa dengan Kelinci di Film Horor-Thriller?

30 November 2020   23:58 Diperbarui: 1 Desember 2020   00:08 111 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kelinci Oh Kelinci, Ada Apa dengan Kelinci di Film Horor-Thriller?
Kelinci dalam Belenggu mengingatkanku pada Donnie Darko (sumber: kapanlagi.com)

Gara-gara usai menonton film "Belenggu" di Klik Film, aku jadi memikirkan sesuatu. Bukan...bukan tentang ulasan filmnya, itu bisa kapan saja, tapi tentang salah satu sosok di dalam film tersebut yang menghantui. 

Tentang sosok yang mengenakan kostum kelinci. Ia sosok paling misterius dalam film tersebut. Sosok dengan kostum kelinci ini juga pernah menyesaki benakku pada awal tahun 2000-an dalam film "Donnie Darko". 

Sungguh ikon pop tersebut sempat membuatku takut dengan badut berkostum kelinci. Kenapa kelinci menjadi sosok misterius yang dikaitkan dengan film horor dan misteri pembunuhan? Ada apa dengan kelinci?

Cerita tentang kelinci yang mengusikku waktu kecil adalah sosok kelinci yang selalu tergesa-gesa dalam "Alice in The Wonderland". Kelinci itulah yang dikejar-kejar oleh Alice karena ia sungguh penasaran. Tapi rupanya sosok kelinci itu tak peduli dengan Alice, ia malah terheran-heran kenapa Alice mengikutinya.

Cerita kelinci lainnya yang simbolnya muncul di beberapa adegan ada dalam film serial "Twin Peaks". Meski film ini merupakan film jadul dan saat itu aku masih sangat kecil menontonnya, aku sangat yakin melihat simbol-simbol kelinci dalam film tersebut. Dan rupanya aku tak salah. Kelinci-kelinci itu hadir dalam wujud samar dan memiliki makna tersendiri kenapa ia dihadirkan. 

Kelinci dalam Donnie Darko yang misterius (sumber: The Guardian)
Kelinci dalam Donnie Darko yang misterius (sumber: The Guardian)
Dan sosok misterius mengenakan kostum kelinci yang paling jelas ada dalam film "Donnie Darko". Ia muncul dan menyampaikan pesan ke Donnie, pesan yang aneh bahwa dunia akan hancur dalam waktu 28 hari. 

Sosok berkostum kelinci juga muncul dalam film thriller garapan Upi yaitu "Belenggu" yang dibintangi Abimana Aryasatya dan Laudya Cynthia Bella. Ia menjadi sosok yang memiliki kaitan dalam kasus-kasus pembunuhan. Siapa yang mengenakan kostum tersebut menjadi teka-teki. 

Meski bukan film horor-thriller, kehadiran sosok berkostum kelinci juga membuat tak nyaman dan memberikan kesan misterius dalam video klip bad Minoru dalam tembang "Merindukanmu". Dengan musik unik yang mengintimidasi, adegan-adegan dalam video klip dengan sosok berkostum kelinci makin memperkental nuansa misteri. 

Sosok kelinci yang terakhir ada dalam wujud nyata. Sosok kelinci asli namun dalam kandang yang kemudian lepas dari kandang dan memenuhi ruangan. Ada yang ingat akan adegan tersebut? Ya, Kalian benar. kelinci itu hadir dalam film horor besutan Jordan Peele berjudul "Us". Si sutradara memang sengaja menaruh kelinci-kelinci di bagian awal film. Ada simbol dan makna di dalamnya. 

Kelinci dalam
Kelinci dalam
Dari hasil browsing sana-sini, tak banyak referensi yang kuperoleh. Referensi akan kutaruh di bagian bawah artikel. Menurut Jordan Peele, kelinci itu hewan yang nampak mengerikan baginya. 

Ia memliki sifat dualitas. Di satu sisi nampak lucu, imut, dan menggemaskan. Di sisi lain ia sungguh mengerikan. Ia cepat berkembang biak dan kuping panjangnya seperti gunting. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x