Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Nulisnya di Kompasiana, Bersosialisasinya di Forum dan Komunitas

22 Oktober 2020   22:51 Diperbarui: 22 Oktober 2020   22:54 32 12 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nulisnya di Kompasiana, Bersosialisasinya di Forum dan Komunitas
Acara ke Yogya ramai-ramai ini sungguh berkesan (sumber: Lita Chan)

Ada sejumlah alasan kompasianer betah untuk menulis di Kompasiana. Ada yang menyebutkan sudah bergabung lima tahunan, 10 tahunan, bahkan ada juga yang sudah 12 tahun alias sudah bergabung sejak Kompasiana baru menetas. Wah kok bisa ya?

Memang tak semua kompasianer senior masih aktif menulis di Kompasiana. Tapi jumlah yang masih aktif juga terbilang tak sedikit. Mereka seperti mentor bagi para kompasianer yang lebih junior.

Aku masih sering menjumpai mereka pada saat acara Kompasianival. Mereka suka sekali singgah di stan dan mengobrol. Ya mengobrol apa saja sambil bertanya masih suka nuliskah, kesibukannya apa, dan sebagainya.

Sebagian kompasianer senior itu rupanya juga punya wadah perpanjangan dari Kompasiana. Ada yang punya situs keroyokan tentang cerita misteri, ada forum yang mendorong kompasianer untuk menerbitkan buku dan sebagainya. Sungguh menarik.

Aku ikut beberapa di antara forum tersebut. Dan meskipun sudah ada wadah menulis di tempat tersebut tapi para kompasianer senior terus mengingatkan untuk selalu ingat pada Kompasiana sebagai rumah, awal tempat kita bertemu. Kompasiana tetap jadi rumah kami.

Sejak jarangnya kegiatan offline Kompasiana seperti nangkring dan sebagainya, maka selain forum di luar maka yang bisa dijadikan wadah bersosialisasi adalah acara komunitas

Budaya menyapa sudah mulai mati di Kompasiana. Connecting dan Sharing rasanya sudah tak lagi terasa nafasnya, jika hanya menulis di Kompasiana. Tapi apabila ikut komunitas ataupun kegiatan lintas komunitas maka masih terasa keakraban dan jalinan persaudaraannya.

Memang pada era pandemi ini komunitas-komunitas di Kompasiana agak mengerem kegiatannya. Tapi setidaknya masih banyak yang terlihat aktif seperti Koteka, Click, Ketapel, KOMiK, KJOG, dan komunitas-komunitas yang baru lahir seperti Vlomaya dan Inspirasiana.

Dengan mengikuti kegiatan komunitas setidaknya masih ada nuansa keakraban dan kehangatan sesama kompasianer yang mulai redup di Kompasiana. Jangan kuatir jika masih baru di Kompasianakarena anggota dan penggiat komunitas juga terbuka terhadap anggota anyar.

Kompasiana tetap rumah bagi kita. Jikapun kita mulai sibuk di luar maka tentunya suatu ketika akan pulang ke rumah.

Selamat ulang tahun ke-12 Kompasiana. Semoga tetap eksis dan makin melejit.

VIDEO PILIHAN