Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Apakah "Stand Up" Tembang Soundtrack "Harriet" Bakal Raih Piala Oscar?

29 Januari 2020   15:08 Diperbarui: 29 Januari 2020   15:13 88 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah "Stand Up" Tembang Soundtrack "Harriet" Bakal Raih Piala Oscar?
Cynthia Erivo tampil menawan membawakan tembang / sumber: cultura.id

Ketika melihat daftar nominasi kategori "Original Song" di ajang Oscar 2020 aku hanya mengenali tembang dari "Frozen II" yang berjudul "Into The Unknown". Awalnya aku menjagokan tembang ini karena lagunya memang indah. 

Tapi tunggu dulu, lagu dari "Breakthrough" berjudul "I'm Standing With You" rupanya juga menarik. Pendapatku kemudian berubah total setelah mendengarkan "Stand Up' dari "Harriet". Luar biasa. Lagu ini langsung menyihirku pada detik-detik pertama. Ya, aku memilih "Stand Up" sebagai tembang soundtrack jagoanku di ajang Oscar.

Lagu ini diawali dengan chant dan musik dari tepukan tangan yang ritmis. Nuansa Afrika kemudian hadir. Menyusul kemudian suara merdu dan powerful dari penyanyi yang bernama lengkap Cynthia Onyedinmanasu Chinasaokwu Erivo.

Dengan iringan musik yang minimalis dan koor, musik ini terasa syahdu dan megah. Lagu ini seperti doa, ia menyentuh hati pendengarnya. "Stand Up" memiliki pesan keberanian untuk menggapai kemerdekaan, seperti yang digambarkan lewat filmnya "Harriet".

I'm gonna stand up
Take my people with me
Together we are going
To a brand new home
Far across the river
Do you hear freedom calling?
Calling me to answer
Gonna keep on keepin' on


Film yang diangkat dari kisah nyata ini bercerita tentang wanita berkulit hitam yang seorang budak di sebuah perkebunan di Maryland. Ia kemudian kabur dan kemudian berjuang untuk membantu membebaskan para budak lainnya.

Focus Features, membuat dua versi video klip, yang satu versi lirik dengan potongan adegan dalam film. Versi satunya yaitu Cynthia Erivo yang bernyanyi sendirian di atas panggung.


Cynthia Erivo yang membawakan karya lagunya yang digarapnya bersama Joshuah Brian Campbell berhasil mendapatkan dua nominasi, untuk kategori lagu tema dan juga nominasi aktris terbaik. Penyanyi kelahiran 1987 ini rupanya pernah meraih Tony Award pada tahun 2016 untuk kategori "Best Actress in a Musical". Di ajang Grammy ini ia akan tampil membawakan lagu "Stand Up".  

Empat tembang lainnya juga memiliki peluang menjadi juara karena selera dewan juri bisa jadi berbeda dengan seleraku hehehe. Empat nominasi lainnya adalah "I Can't Let You Throw Yourself Away" dari "Toy Story 4", "Into The Unknown" dari "Frozen II" karya Kristen Anderson-Lopez and Robert Lopez, "I'm Standing With You" dari "Breaktrough" karya Diana Warren, dan "(I'm Gonna) Love Me Again" karya Elton John dan Bernie Taupin dari film "Rocketman".

"I Can't Let You Throw Yourself Away", tembang tema "Toy Story 4" memiliki sentuhan musik tiup, asyik untuk bergoyang. Lagu ini memompa semangat anak muda untuk bersyukur dan berjuang meraih mimpinya, jangan malah merusak diri. Lagu ini cocok untuk menggambarkan upaya Woody memberikan semangat kepada Forky yang hanya ingin menjadi garpu bekas, bukan mainan yang memberikan kebahagiaan kepada manusia.


 I can't let you, I can't let you
I can't let you throw yourself away


Film "Rocketman" yang menggambarkan perjuangan seorang anak pemuda pemalu menjadi musisi jenius bernama Elton John juga masuk Oscar untuk kategori original song. Lagu berjudul "(I'm Gonna) Love Me Again" dibawakan oleh Elton John dan pemeran dirinya, Taron Egerton.

Lagu ini memiliki musik yang dinamis. Yang paling kusukai pada bagian duet. Di bagian refrain, Elton John bernyanyi duet bersama Taron Egerton. Suara Taron ternyata cukup bagus. Video klip lagu ini menggambarkan potongan-potongan adegan film "Rocketman". Lagu ini tentang mencintai diri sendiri.

Singing, I'm gonna love me again
Check in on my very best friend
Find the wind to fill my sails
Rise above the broken rails
Unbound by any ties that break or bend
I'm free, and don't you know?
No clown to claim he used to know me then
I'm free, and don't you know?
And oh-oh-oh, I'm gonna love me again

Disney memiliki dua wakil di kategori "Original Song",  lewat "Toy Story 4" dan "Frozen II". Idina Menzel terpilih lagi membawakan tembang tema "Frozen". Kualitas vokalnya memang tak diragukan. Lagu ini indah, syahdu, dan memiliki nuansa misterius. Dengan sentuhan orkestra sejak sepertiga lagu maka lagu ini jadi terasa megah. Klasik, khas Disney. Juga indah.

Lagu ini seperti curhatan Elsa ketika suara misterius membuatnya kuatir. Lekat dengan cerita dalam filmnya, di mana Elsa dan Anna kemudian terbawa ke petualangan baru.


What do you want? 'Cause you've been keeping me awake
Are you here to distract me so I make a big mistake?
Or are you someone out there who's a little bit like me?
Who knows deep down I'm not where I'm meant to be?

Every day's a little harder as I feel my power grow
Don't you know there's part of me that longs to go...


Nominasi yang terakhir, "I'm Standing With You" dari Breakthrough" dibawakan oleh Chrissy Metz. Lagu ini memiliki iringan choir di bagian akhir dan nuansanya seperti tembang gospel.

Vokal Chrissy bertenaga dan indah. Ia bernyanyi seperti bercerita dan menyakinkan pendengarnya, bahwa ia akan selalu mendampingi mereka yang sedang sedih dan merasa sendiri seperti dalam cerita dalam filmnya. Sebuah lagu tentang kebersamaan.
When your hurting, I want you to know
That you'll never have to hurt alone
When your faith is, faith is running low
I'll never lose faith in you
When the night surrounds you
And you think that no one cares about you
I will go and throw my arms around you


Kelima lagu nominasi oscar ini semuanya indah. Tapi aku tetap memilih "Stand Up" untuk paket komplitnya, suara indah, musik yang luar biasa juga menyentuh, dan pesan yang kuat .

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x