Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Para Selebriti Dunia Ini Peduli dengan Kelestarian Hutan dan Satwa Liar Indonesia

13 November 2019   16:18 Diperbarui: 13 November 2019   16:44 49 4 2 Mohon Tunggu...
Para Selebriti Dunia Ini Peduli dengan Kelestarian Hutan dan Satwa Liar Indonesia
Leonardo cemas akan nasib satwa liar di Indonesia (sumber: Kompas)

Kebakaran hutan dan lahan masih terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan karena begitu banyak jatuh korban. Rupanya masalah alam Indonesia ini juga menarik perhatian para selebritis dunia. Pasalnya, hutan tropis di Indonesia menjadi salah satu penyangga kualitas udara global.

Sejak beberapa tahun terakhir para selebriti dunia berkunjung ke Indonesia untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap alam. Ada yang memberikan dukungan kepada penggiat lingkungan, memberikan donasi untuk kelestarian satwa liar, dan ada pula yang begitu marah dan kesal akan sikap pemerintah dalam menanggulangi deforestasi dan karhutla.

Para selebriti dunia yang peduli terhadap alam Indonesia di antaranya Leonardo diCaprio, si Indiana Jones Harrison Ford, Briana Evigan, dan bintang sepakbola Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo namanya makin melekat dengan Indonesia sejak ia memberikan donasi kepada korban tsunami Aceh. Bahkan ia mengangkat anak korban tsunami bernama Martunis. Selain itu bintang iklan berbagai merk ternama ini pernah secara sukarela sebagai duta mangrove di Indonesia pada tahun 2013.

Hutan mangrove merupakan habitat yang penting bagi sejumah flora dan fauna. Mangrove juga menjadi sumber pangan, membantu mencegah abrasi, menjadi tempat rekreasi, dan juga membantu menjaga iklim. 

Dengan adanya bintang beken membantu mempromosikan fungsi mangrove dan ikut berpartisipasi menanam mangrove maka masyarakat bisa ikut terdorong untuk ikut melindungi mangrove.

Ronaldo beralasan mau menjadi duta mangrove karena ia merasa seram dengan bencana tsunami. Dengan adanya mangrove maka bisa jadi mengurangi ancaman amukan tsunami.  

Ronaldo pernah menjadi duta mangrove di Indonesia (sumber: Kompas)
Ronaldo pernah menjadi duta mangrove di Indonesia (sumber: Kompas)
Pada tahun 2013, bencana alam memang banyak terjadi di Indonesia terutama dari sisi karhutla dan deforestasi. Pada tahun tersebut terjadi rekor terburuk kebakaran hutan dan lahan. 

Hal ini membuat banyak pemeharti lingkungan cemas. Bagaimana dengan nasib hutan di Indonesia dan bagaimana dengan nasih satwa liar seperti gajah, beruang, orangutan, harimau, dan sebagainya.

Kebakaran hutan di Indonesia memang kasus lama yang terus-menerus terjadi dan membuat banyak pihak miris. Demikian juga dengan masalah deforestasi yang begitu drastis. 

Tak heran bila "Indiana Jones" mengamuk ketika tiba di Indonesia. Harrison Ford memang dikenal bintang film yang cinta alam. Ia sedih melihat habitat satwa liar semakin terbatas dengan hutan yang banyak dirambah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN