Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Disebut Mirip, Benarkah "Taxi Driver" Menginspirasi "Joker"?

16 Oktober 2019   08:07 Diperbarui: 16 Oktober 2019   08:13 354 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Disebut Mirip, Benarkah "Taxi Driver" Menginspirasi "Joker"?
Karakter utama dalam film Joker dan Taxi Driver (sumber: IMDb)

Film "Joker" masih menjadi buah bibir meski sudah tayang selama kurang lebih tiga minggu. Ada banyak pujian bagi penampilan Joaquin Phoenix, juga alur ceritanya yang dianggap unik. Tak luput kritikan ikut menyertainya. Mereka membandingkan "Joker" dengan film-film yang disebut menginspirasinya. Salah satunya "Taxi Driver" yang dirilis tahun 1976.

Dalam film yang disutradarai Martin Scorsese ini cerita berfokus pada sosok pemuda 26 tahun bernama Travis Bickle (Robert de Niro). Ia mengalami depresi pasca perang Vietnam. Ia juga mengalami gangguan sulit tidur atau insomnia. Travis kemudian mengalihkan gangguannya ini dengan menjadi pengemudi taksi pada malam hari.

Selama mengemudi ia sering melewati red districk dan kemudian ia bertemu dengan sukarelawan kampanye Presiden yang cantik, Betsy (Cybill Shepherd). Ia terobsesi dengan Betsy dan merasa kasihan dengan seorang PSK remaja bernama Iris (Jodie Foster).

Travis awalnya pengemudi taksi biasa (sumber: IMDb)
Travis awalnya pengemudi taksi biasa (sumber: IMDb)
Rasa sepi dan depresi Travis kemudian semakin dalam, ia kemudian berlatih fisik. Ia makin terobsesi dengan Betsy, berupaya menolong Iris dari jaringan prostitusi yang menjeratnya, dan berniat menyerang pihak tertentu. Ia kemudian memiliki senjata dan berlatih menggunakan senjata tersebut.

Tentang Pria Kesepian yang Menjadi Destruktif
Film "Taxi Driver" memiliki nuansa yang suram. Penonton diajak untuk menyelami apa yang sebenarnya terjadi pada Travis dan kenapa rasa kesepiannya membawanya ke arah yang lebih destruktif.

Alur ceritanya agak lambat sehingga penonton harus lebih sabar menunggu hingga konflik utama itu hadir. Beberapa adegan dibiarkan lama tak berdialog seperti penonton dibiarkan ikut berkontemplasi.

Travis awalnya hanya kesepian. Tapi ia juga kesulitan berinteraksi dengan sekelilingnya. Ia juga merasa kondisi New York pada tahun 1970-an juga bobrok, dengan korupsi, kriminal dan prostitusi. Ia merasa muak dengan kondisi itu.

Jodie Foster menjadi PSK remaja (sumber: IMDb)
Jodie Foster menjadi PSK remaja (sumber: IMDb)
Suasana dan kondisi New York pada tahun 1970-an dibiarkan apa adanya. Nampak lusuh dengan warna-warni pada dunia malam. Kamera sering membidik Travis di balik kemudi dengan jalanan di depan dan samping yang dilewati Travis menguatkan rasa sepi tersebut.

Di sini akting Robert de Niro banyak mendapat pujian. Demikian pula dengan Jodie Foster yang saat itu masih berusia 12 tahun. Keduanya mendapatkan nominasi Oscar.

Kritik juga menyertai film ini. Seperti kurang etisnya Jodie memerankan PSK karena ia masih sangat belia. Juga adanya peristiwa kriminal yang pelakunya mengaku terinspirasi dari film ini. Pelaku bernama John Hinckley ini terobsesi dengan Jodie lalu berupaya membunuh Presiden Ronald Reagan pada tahun 1981.

Faktor Kemiripannya dengan "Joker" di mana?
Jika melihat deskripsi di atas maka bisa ditebak apa saja unsur yang mirip meski jelas tidak sama persis.

Spoiler alert!

Karakter Travis dan Arthur memiliki persamaan dalam hal kesulitannya berinteraksi dengan manusia. Orang-orang di sekeliling menganggap Travis atau Arthur sebagai orang yang aneh. Keduanya memiliki gangguan mental, Travis dikarenakan rasa kesepiannya dan yang akut dan ketidakseimbangan emosinya, sedangkan Arthur karena kesulitannya mengontrol tawanya dan gangguan lainnya.

Kondisi di sekeliling mereka kemudian mengubah ke arah yang negatif. Travis jenggah dengan kondisi bobrok di sekelilingnya dan Arthur sering diperlakukan buruk. Keduanya kemudian terlibat dengan senjata api.

Ini beneran atau khayalan ya? (Sumber: IMDb)
Ini beneran atau khayalan ya? (Sumber: IMDb)
Perubahan Travis diawali dengan mulai intensifnya ia berlatih menggunakan senjata. Ia juga kemudian mengubah penampilannya dengan mohawk. Arthur sendiri kemudian merias wajahnya menjadi seperti badut pada saat momen penting itu tiba.

Keduanya kemudian melakukan perbuatan kriminal yang entah kenapa kemudian disikapi berbeda oleh masyarakat, pro dan kontra. Ada kelompok yang menganggap mereka pahlawan, meskipun caranya salah.

Penonton "Taxi Driver" seperti halnya "Joker" kemudian juga berdebat bagian-bagian yang riil dan mana yang sekedar ilusi dari karakter pemeran utamanya. Apakah Travis masih hidup setelah peristiwa itu terjadi? Benarkah ia pernah kencan dengan Betsy atau hanya imajinasinya?

Saat momen penting itu tiba mereka bertransformasi dalam penampilan (sumber: IMDb)
Saat momen penting itu tiba mereka bertransformasi dalam penampilan (sumber: IMDb)
Nuansa film "Joker" baik dari suasana dan lagu-lagu yang menyertainya lebih pas untuk menggambarkan tahun 1970-an, bukan tahun 1980-an. Tapi Arthur tinggal di kota fiktif Gotham sehingga tentang latar tersebut sah-sah saja.

Dan yang paling menarik benang merah dari film ini adalah keterlibatan Robert de Niro. Ia muncul sebagai pemeran utama di "Taxi Driver" dan menjadi pemeran pendukung di "Joker". Ada juga kabar menyebutkan Martin Scorsese awalnya memproduseri "Joker" tapi kemudian batal, sehingga kemiripan ini jadi terasa wajar.

Meskipun ada nuansa yang mirip, keseluruhan film tetap terasa berbeda. Film ini dua-duanya bagus. Aku menikmati menonton kedua film ini.

Benang merah film ini juga terletak pada Robert de Niro (sumber: IMDb)
Benang merah film ini juga terletak pada Robert de Niro (sumber: IMDb)
Detail Film:
Judul: Taxi Driver
Sutradara: Martin Scorsese
Pemeran: Robert de Niro, Jodie Foster, Cybill Shepherd, Harvey Keitel, Albert Brook, Leonard Harris, Peter Boyle
Genre: drama, thriller
Skor: 8/10

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x