Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Kenangan Legenda F1 Niki Lauda dalam "Rush"

25 Mei 2019   13:26 Diperbarui: 25 Mei 2019   15:02 0 10 5 Mohon Tunggu...
Kenangan Legenda F1 Niki Lauda dalam "Rush"
Niki Lauda dan James Hunt bersaing ketat pada tahun 1976 | Dokumentasi Telegraph.co.uk

Niki Lauda, mantan pembalap F1 yang menjuarai tiga kali musim pertandingan, meninggal pada 20 Mei silam. Ia salah satu pembalap hebat karena kemampuannya dan juga rivalitasnya dengan James Hunt. Kisah Niki Lauda dan James Hunt terabadikan dalam film berjudul "Rush".

Niki Lauda masuk sebagai 10 besar peraih gelar juara dunia F1 terbanyak. Ia berada di urutan no 8, setelah nama-nama pembalap besar lainnya di antaranya Michael Schumacher (7), Lewis Hamilton (5), Alain Prost (4), dan Sebastian Vettel (4). Niki meraih gelar juaranya pada tahun 1975, 1977, dan 1984

Nah, dalam film "Rush" yang dirilis tahun 2013 ini digambarkan sosok Niki Lauda dari awal ia bertanding, pertemuannya dengan calon istrinya dan persaingan sengitnya bersama James Hunt. Film ini dibesut oleh Ron Howard serta dibintangi Daniel Bruhl dan Chris Hemsworth sebagai Niki dan James.

Film berawal dari persaingan antara Niki Lauda dan James Hunt pada formula 3. Pada ajang tersebut James berhasil meraih juara. Keduanya pun kemudian mencoba masuk ke ajang yang lebih bergengsi, Formula 1.

Setelah menang pada tahun 1975, James bertekat mengalahkan Niki | Dokumentasi IMDb/Universal Pictures
Setelah menang pada tahun 1975, James bertekat mengalahkan Niki | Dokumentasi IMDb/Universal Pictures

Niki Lauda meskipun berasal dari keluarga Austria yang kaya raya harus berjuang dari nol untuk meraih mimpinya. Ia meminjam dana dari bank demi bisa masuk ke ajang tersebut dan kemudian berhasil masuk sebagai anggota tim Scuderia Ferrari. Sedangkan James masuk di tim Hesketh Racing. 

Pada musim pertamanya di Formula 1 tersebut Niki langsung menyentak dan berhasil meraih juara dunia pada tahun 1975.

Tahun berikutnya adalah tahun penuh rivalitas dan drama. Setelah Hesketh bangkrut, James pun masuk ke tim McLaren. Tapi pada saat itu hubungan James dan istrinya, Suzy Milller memburuk. Sementara Niki makin dekat dengan seorang model dan sosialita Jerman bernama Marlene Knaus.

Marlene awalnya tak tahu siapa pria yang ditemuinya adalah seorang juara dunia| Dokumentasi IMDb/Universal Pictures
Marlene awalnya tak tahu siapa pria yang ditemuinya adalah seorang juara dunia| Dokumentasi IMDb/Universal Pictures
Musim pertandingan tahun 1976 ini penuh warna. Setelah mendominasi pada separuh pertandingan, Niki mengalami kecelakaan parah di Grand Prix Jerman. Ia mengalami kebakaran parah dan dirawat selama enam minggu ke depan. Paru-parunya bermasalah dan wajahnya juga ikut terbakar. 

Selama ia terkapar di rumah sakit, posisi James pun kian dekat. Skor mereka makin beda tipis. Hal ini membuat Niki memaksa kembali ke Grand Prix meskipun tubuhnya belum sepenuhnya pulih.

Aku suka akan film ini Daniel Bruhl dan Chris Hemsworth tampil solid sebagai rival. Karakter keduanya nampak saling bertentangan. Keduanya sama-sama jenius dalam soal balapan. 

Niki digambarkan tidak tampan, tertutup, tidak pandai bersosialisasi, dan perhitungan dalam soal risiko. Sedangkan James nampak ganteng, flamboyan, mudah bergaul, dan nekat.

Keduanya digambarkan memiliki kepribadian bertentangan | Dokumentasi IMDb/Universal Pictures
Keduanya digambarkan memiliki kepribadian bertentangan | Dokumentasi IMDb/Universal Pictures

Meski beberapa kritikus menunjuk kekurangtepatan sejarah pada filmnya, aku menyukai tensi dan ketegangan pada pertandingan. Bagaimana suasana pit stop dan krunya yang menegangkan karena selisih sekian detik dan salah memasang jenis ban bisa sangat mengubah posisi.

Kebetulan film ini ditayangkan salah satu stasiun televisi sekitar bulan April, sebelum kabar meninggalnya Niki. Rivalitas Niki dan James ini mengingatkanku pada persaingan antara Alain Prost dan Ayrton Senna, Michael Schumacher dan Mika Hakkinen, dan sekarang antara Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton.

Di kehidupan nyata persaingan Niki dan James tidak setajam di film. Keduanya bersahabat di awal pertemuan mereka dan meskipun saling berkompetisi, keduanya saling menghormati. Hal ini juga sama dengan rivalitas Michael Schumacher dan Mika Hakkinen. Mika berhasil meraih juara dunia pada 1988 dan 1999. Schumi menyebut Mika sebagai rival yang paling ia hormati.

Meski masih belum pulih sepenuhnya Niki kembali bertanding| Dokumentasi IMDb/Universal Pictures
Meski masih belum pulih sepenuhnya Niki kembali bertanding| Dokumentasi IMDb/Universal Pictures