Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Konsultan

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film

John Wick, Koneksinya dengan Trilogi The Matrix

16 Mei 2019   07:40 Diperbarui: 16 Mei 2019   07:56 71 2 1
John Wick, Koneksinya dengan Trilogi The Matrix
The Matrix merupakan film sukses Keanu sebelum John Wick (dok. IMDb)



"What do you need?"
"Guns, Lots of guns!" ( Dialog John Wick dan Winston, manajer hotel Continental New York)


Penggemar "Trilogi The Matrix" mungkin berasa dejavu dengan dialog ini. Ya, ini dialog yang persis sama diucapkan oleh Neo dalam "The Matrix," di mana Neo dan John Wick sama-sama diperankan oleh Keanu Reeves. Omong-omong kedua film ini memiliki sejumlah benang merah. Apa saja korelasi "Trilogi The Matrix" dan franchise "John Wick" yang memasuki installment ketiga ini?

Ketika menyaksikan film "John Wick" aku bertanya-tanya, apakah dunia John Wick memiliki kaitan dengan dunia Neo dalam "The Matrix". Bisa jadi John Wick merupakan program yang ditanamkan ke kepala Neo sebelum ia menyadari dunia sekelilingnya tidak riil. Jika demikian maka "John Wick" adalah prekuel "The Matrix". Hahaha lupakan teori ini karena sepertinya hanya imajinasiku.


Ada beberapa hal yang membuat "John Wick" memiliki kaitan dengan "Trilogi The Matrix". Yang pertama Keanu Reeves seolah-olah memang ditakdirkan untuk memerankan film ini. Mungkin citarasa dan kesan akan film "John Wick" akan berbeda jika pemerannya bukan Keanu Reeves.

Keanu Reeves sendiri sempat terpuruk dan kariernya menurun sebelum kemudian membintangi "The Matrix" dan "John Wick". Kedua film ini melambungkan kembali namanya. Keanu Reeves juga tak main-main untuk memainkan karakter kedua film. Ia mendalami seni bela diri secara intensif untuk "Trilogi The Matrix" dan berlatih keras menembak sebagai antihero dalam "John Wick".

Berikut korelasi antara film "The Matrix" dan "John Wick" versiku:

Sutradaranya mengenal Keanu Lewat The Matrix
Sutradara film John Wick, Chad Stahelski bukan orang asing di mata Keanu Reeves. Ia sama seperti Keanu Reeves menyukai bela diri. Keduanya bertemu dan berkenalan di lokasi syuting The Matrix. Chad adalah stuntman dari Keanu Reeves di film "Matrix". Karirnya di dunia perfilman melonjak dari stuntman hingga kemudian dipercaya menjadi sutradara. Film "John Wick" dibesutnya bersama David Leitch.

Sutradara John Wick dulunya stuntman The Matrix (dok. IMDb)
Sutradara John Wick dulunya stuntman The Matrix (dok. IMDb)



Neo Kembali Bertemu Morpheus

"Long time to see you" Raja peminta-minta (Bowery King) memberi salam kepada John Wick. Raja pengemis dalam "John Wick" ibarat Morpheus dalam The Matrix yang membantu Neo dan merupakan seorang pemimpin sebuah kelompok. Dalam "John Wick: Chapter 2" ia juga membantu John Wick saat terluka parah dan memberinya senjata untuk menuntaskan permasalahannya.

Kedua karakter ini sama-sama diperankan oleh Laurence Fishburne. Karakter ini kembali muncul dalam "John Wick: Chapter 3" dan memiliki peranan dalam menentukan nasib John Wick.

Kedua aktor ini bereuni setelah belasan tahun (dok. IMDb)
Kedua aktor ini bereuni setelah belasan tahun (dok. IMDb)

Adanya tokoh ini membuat penggemar Matrix bersorak. Akhirnya setelah belasan tahun kedua aktor ini kembali dipertemukan.

Dialog yang Sama
Rasanya dejavu mendengarkan dialog Winston dan John Wick tentang kebutuhannya dalam menghadapi pemburu nyawanya. Dialog ini sama persis diucapkan Neo ketika ia dan Trinity bersiap bertarung.

Dunia dan Karakter Neo - John Wick Agak Mirip
Ini sekedar opiniku, menurutku dunia Neo dan John Wick itu memiliki sedikit kemiripan. Neo tak tahu dunia yang ditempatinya selama ini hasil fabrikasi. Ia kemudian diajak mengenal dunia yang riil. 

John Wick tak tahu seberapa kuat pengaruh High Table dan cara menghindarinya (dok. IMDb)
John Wick tak tahu seberapa kuat pengaruh High Table dan cara menghindarinya (dok. IMDb)

Dalam "John Wick", John tahu tentang seluk-beluk dunia kriminal bawah tanah dan operasinya tapi ia masih tak tahu banyak tentang high table dan pengaruhnya yang bisa demikian besar. Ia pun berkeliling mencari petunjuk, sama seperti Neo yang mendapatkan petunjuk dari peramal.

Dalam menjalankan aksinya Neo kadang-kadang melakukannya sendiri atau dibantu dengan partnernya,Trinity. Ia menghadapi begitu banyak musuh.
Ia tak selalu kuat, ia juga rapuh dan di berbagai kesempatan memerlukan bantuan. Ia menghadapi begitu banyak musuh. Nyawa John Wick juga banyak diincar. Fisiknya melemah karena sudah tua dan lama pensiun, meskipun tetap mematikan. Di berbagai kesempatan ia juga memerlukan pertolongan, seperti Sofia yang diperankan Halle Berry dalam "John Wick 3"

Dalam The Matrix Neo juga tampil bela diri dan menembak (dok. IMDb)
Dalam The Matrix Neo juga tampil bela diri dan menembak (dok. IMDb)


Film "John Wick Chapter 3 -Parabellum" ini istimewa karena memeringati tepat 20 tahun diluncurkannya film "Matrix".
Oh ya dengar-dengar "Matrix 4" mau dirilis. Wah ini kabar baik atau malah kabar buruk ya?