Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Peneliti dan Penulis Freelance

Saya hobi membaca dan mendengarkan musik rock+new age. Artikel saya lainnya tersedia di http://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jaga Kesehatan Itu Penting, Sehat Bareng-bareng Lebih Seru

14 September 2017   14:22 Diperbarui: 14 September 2017   14:59 590 2 1
Jaga Kesehatan Itu Penting, Sehat Bareng-bareng Lebih Seru
Datang di Gala Premiere itu menyenangkan, sayangnya acaranya sering malam hari. Wah saya ketinggalan nih foto bareng Julie Estelle (dok. Legacy Pictures)

Menonton dan menghadiri Gala Premiere sebuah film itu kegiatan yang menyenangkan. Mendapat kesempatan menonton film sebelum waktunya, bertemu para pemerannya itu sebuah prestis tersendiri di kalangan movie addict. Namun, karena seringnya dapat undangan tersebut malam hari maka kegiatan semacam ini pun mulai kukurangi, apalagi jika hari kerja. Seperti semalam, Gala Premiere Gerbang Nerakabaru dihelat pukul 21.15, sampai rumah pun pukul 00.30 WIB. Alhasil hari ini aku mengerjakan kajian di kantor dengan setengah mengantuk.

Dulu aku susah diam setelah pulang kerja. Jarang-jarang aku ngendon tiduran di kosan. Kalau tidak keliling mencobai tempat makan baru bersama kawan-kawan, ya nonton film, atau karaokean, padahal besoknya masuk kerja pukul 07:45. Hari Sabtu pun aku juga suka ikut kegiatan komunitas, seperti Women Self Defence atau jelajah museum. Ketika bosan bermain maka kemudian aku melanjutkan pendidikan dengan kuliah malam di salah satu perguruan tinggi negeri di Salemba.

Kini setelah menikah, aktivitas ku bertambah. Yang bikin lelah malah pekerjaan rumah tangga yang rasanya tak habis-habisnya. Sebelum berangkat kerja, aku masih harus memasak untuk sarapan dan bekal makan siang, menyiapkan makanan buat Nero dan Mungil, mencuci pakaian dan sebagainya. Setelah itu pekerjaan di kantor sering kali tak lepas dari membaca artikel dan jurnal teknologi untuk membuat kajian dan analisa, sehingga setiap hari tak lepas dari kopi agar mata tetap menyala. Meski saat ini lumayan sibuk, aku masih suka mengikuti acara Kompasiana dan ikut nobar sana-sini.

Sebagai perempuan yang 'sok sibuk', aku merasa perlu menjaga kesehatan tubuh agar tetap bisa menjalankan berbagai aktivitas. Dulu aku pernah mengalami masalah pencernaan gara-gara sering terlambat makan. Tapi waktu itu masih suka nakal dengan memilih menyelesaikan tugas daripada makan tepat waktu. Ketika terkena gejala kencing batu baru aku merasa kapok. Dulu ruanganku memang agak jauh dari toilet dan jika ke toilet sering antri panjang, jadinya bikin malas. Setelah kejadian itu aku baru benar-benar melek akan pentingnya menjaga kebiasaan. Selain makanan, kebiasaan itu sangat berpengaruh bagi kesehatan.

Informasi kesehatan saat ini memang lebih mudah dengan adanya beragam website yang memberikan beragam informasi tentang makanan sehat, gaya hidup sehat, gejala penyakit,dan obat-obatan. Selain informasi makanan sehat dan gaya hidup sehat, aku suka mencari informasi tentang obat-obatan, mana yang masuk obat keras dan mana yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Hal ini dikarenakan kadang-kadang  ada dokter yang suka meresepkan obat seenaknya. Namun, kadang-kadang informasi tentang kesehatan di dunia maya itu simpang-siur dan kredibilitasnya diragukan. Di grup percakapan banyak pula yang menyebarkan kabar hoax seputar kesehatan. Jadi malah terkadang membingungkan. Agar kabar hoax tidak merajalela, ada aturan di berbagai grup percakapan, tidak asal menyebarkan informasi kesehatan, sayangnya banyak yang tidak mematuhi aturan tersebut. Berita-berita menyeramkan tentang makanan ini itu dan kabar tidak benar tentang informasi penyakit pun membanjiri arus informasi di media sosial.

Nah, saat ini ada portal kesehatan dengan tagline Serunya Sehat Bareng-Bareng. Portal ini menyajikan informasinya yang lengkap tentang dunia kesehatan. Keunggulan mereka memang kontennya yang lengkap. Di dalam portal kesehatan bernama Gue Sehat ini terdapat berbagai fitur, yaitu Artikel, Direktori, Sakit Apa, Event, Buku Kesehatan, dan Sakit Apa.

Artikelnya terdiri atas empat rubik, Medis, Wanita, Lifestyle dan Sex & Love. Untuk topik terakhir itu ditujukan untuk pembaca dewasa. Oh ya selain dokter, pengisi artikel, juga terbuka untuk umum, dengan mencantumkan referensi terpercaya. Para Kompasianer juga bisa lho ikut menulis di sana dan mendapat poin yang bisa di-redeemdengan hadiah menarik. Artikel dari kalangan umum ini nantinya dikurasi terlebih dahulu sehingga informasinya terpercaya.

Fitur Direktori berisi tentang daftar dokter yang ada di Jabodetabek. Di sini pengunjung bisa melakukan pencarian dokter berdasarkan area kerja atau kualifikasinya. Ada 4500-an dokter. Jadwalnya, jenis kelamin, jam dan biayanya pun bisa disesuaikan. Cuma ketika kucoba klik nama dokter di direktori tersebut, biaya konsultasinya masih banyak yang kosong, jadwalnya juga banyak yang belum diisi. Mudah-mudahan segera diisi komplet sehingga makin memudahkan pengunjung. Selain dokter dan rumah sakit, juga ada daftar gym, tempat makan yang sehat (healthy food and beverage), dan spa & massage.

Daftar penyakitnya lengkap, aku bisa tahu lebih banyak tentang penyakit yang pernah kualami (skrinsut portal GueSehat)
Daftar penyakitnya lengkap, aku bisa tahu lebih banyak tentang penyakit yang pernah kualami (skrinsut portal GueSehat)

Fitur Forum yang paling rame oleh pengunjung. Ada saja yang ditanyakan oleh pengunjung sekaligus dikomentari oleh pengunjung lainnya atau dijawab oleh dokter

Sementara Buku Kesehatan tersebut memanjakan kaum wanita dan anak-anak. Hehehe perempuan memang diistimewakan di sini. Di buku kesehatan ini ada subfitur Kesehatan, Hitung Kalori & IMT, Siklus Haid, dan Tumbuh Kembang & Imunisasi.  Saya sudah mencoba subfitur hitung kalori dan IMT (Indeks Massa Tubuh) dan syukurlah masih termasuk ideal.

Ikut tes Indeks Massa Tubuh Ah (skrinsut portal GueSehat)
Ikut tes Indeks Massa Tubuh Ah (skrinsut portal GueSehat)

Syukurlah masuk ideal hehehe (skrinsut portal Gue Sehat)
Syukurlah masuk ideal hehehe (skrinsut portal Gue Sehat)

Fitur yang paling menarik dan kompetitif dalam portal ini adalah 'Sakit Apa' dan Penyakit. Daftar penyakitnya komplet dari gejala hingga penanganan. Sedangkan di 'Sakit Apa' pengunjung bisa mencoba untuk Symptom Checker, gejala penyakit harus diisi dengan jujur kemudian mesin dengan a decision support system membantu memberikan kemungkinan diagnosis, namun kemungkinan diagnosis tersebut tetap perlu nantinya dikonsultasikan dengan dokter.

Gue Sehat Meluncurkan Aplikasi Mobile

Sabtu lalu (9/9) belasan kompasianer asyik berdiskusi seputar aplikasi kesehatan (e-Health) di Kolega Co-Working Space Jakarta Selatan. Tempatnya cozy, asyik buat diskusi santai tentang aplikasi mobile Gue Sehat  yang berupaya menjadi one stop solution untuk urusan kesehatan. Si pendiri GueSehat, Tiffany Robyn Soetikno yang akrab disapa Robyn pun menjadi narasumbernya.  Kopi Writing Kompasiana ini berlangsung intim dimana sesi tanya jawabnya cukup lama.  

Tiffany Robyn Soetikno, pemilik dan pendiri Gue Sehat memaparkan keunggulan dan fitur-fitur (dokpri)
Tiffany Robyn Soetikno, pemilik dan pendiri Gue Sehat memaparkan keunggulan dan fitur-fitur (dokpri)

Di awal paparan. Robyn bercerita jika ia lebih suka menyebut Gue Sehat sebagai sebuah komunitas kesehatan  online. Hal ini dikarenakan menurut data dari Pew Internet & American Life Project pada tahun 2015, 80 persen pengguna internet suka mencari informasi kesehatan melalui dunia maya. Mereka juga suka membaca dan mencari tahu pengalaman orang lain yang pernah mengalami hal serupa. Untuk itulah ia membuat Gue Sehat sebagai sahabat seputar kesehatan dan wadah bagi netizenuntuk berbagi kisah tentang permasalahan kesehatan yang pernah dialaminya. Oleh karena itu tagline-nya adalah serunya sehat bareng-bareng. Jadinya yang sehat bukan hanya Kamu-kamu saja, akan tetapi rame-rame.

Diskusi berlangsung intim di Kolega Co-working space (dokpri)
Diskusi berlangsung intim di Kolega Co-working space (dokpri)

Setelah membangun portal kesehatan, Robyn juga melebarkan sayap dengan meluncurkan aplikasi mobile Gue Sehat. Mengapa perlu ada apps? Hal ini dikarenakan berdasarkan hasil survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan dipublikasikan November 2016, menunjukkan peningkatan pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile(50,7%) atau 67,2 juta dibandingkan menggunakan komputer (1,7%). Kalangan milenial paling terhubung dengan gadget-nya.

Sekarang pengguna perangkat mobile makin meningkat dari hasil survei APJII (dok. APJII, 2016)
Sekarang pengguna perangkat mobile makin meningkat dari hasil survei APJII (dok. APJII, 2016)

Ketika saya unduh, apps-nya memang tidak berat dan isinya hampir selengkap yang ada di portal. Favorit saya untuk versi appsini adalah symtom checker yang praktis dan mudah digunakan. Akan tetapi yang bikin komunitas kesehatan ini akrab adalah fitur forumnya.  Rame terus.

Fitur Symptom Checker yang membantu (skrinsut Apps Gue Sehat)
Fitur Symptom Checker yang membantu (skrinsut Apps Gue Sehat)

Fitur Forum yang selalu ramai (skinsut apps Gue Sehat)
Fitur Forum yang selalu ramai (skinsut apps Gue Sehat)

Memang sih masih ada keterbatasan dalam database direktori. Untuk itu tim Gue Sehat terus berupaya menambah data dokter, rumah sakit dan sebagainya. Bulan November ini direncanakan Gue Sehat bekerja sama dengan 11 kota. Wah makin komplet nih. Yuk sehat bareng-bareng.